Sukses

Lifestyle

Kamu Tidak Boleh Langsung Minum Kopi di Pagi Hari, Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Kopi bukan hanya minuman yang menjadi tren saat sedang berkumpul bersama teman di kafe, namun juga menjadi satu hal yang langsung dituju setelah bangun di pagi hari, apa kamu juga melakukannya? Faktanya, kopi tidak baik untuk langsung dikonsumsi di pagi hari, terutama bagi kaum perempuan.

Dilansir dari purewow.com, Rabu (28/8/2019), kopi dapat meningkatkan hormon kortisol, yang berdampak negatif terhadap ovulasi, berat badan, dan keseimbangan hormon. Kortisol yang juga dikenal sebagai hormon stres sebenarnya membantu mengatur energi, membuatmu merasa waspada.

Hormon ini berfluktuasi sepanjang hari, umumnya tinggi di pagi hari dan rendah di malam hari. Minum kopi setelah bangun tidur di pagi hari ketika kadar kortisol sedang tinggi dapat menumpulkan produksi hormon dan menggeser waktu siklus.

 

Minum kopi setelah bangun tidur di pagi hari membuat hormon kortisol meningkat di waktu yang tidak seharusnya

Ini menyebabkan tubuh memproduksi kortisol pada waktu yang seharusnya hormon tersebut turun. Jika tubuh terus menerus memproduksi kortisol, ada peningkatan gula darah, mengarah pada roduksi hormon insulin dan resistensi insulin, menyebabkan penambahan berat badan, masalah tidur, dan respon imun yang terganggu.

Selain itu, minum kopi dengan perut kosong di pagi hari juga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan usus. Sebaiknya, konsumsi sarapan yang kaya akan kalsium, seperti yogurt, almond, bayam, kangkung, atau biji chia terlebih dahulu sebelum kamu minum kopi di pagi hari.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk minum kopi? Para pakar sepakat bahwa waktu terbaik untuk minum kopi adalah antara setengah sepuluh pagi hingga siang hari, ketika kadar kortisol sudah turun. Masih terbiasa minum kopi setelah bangun tidur di pagi hari?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading