Sukses

Lifestyle

Ibu Kota Pindah, Ini 3 Tempat Populer di Kalimantan Timur yang Wajib Dikunjungi

Fimela.com, Jakarta Pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Ramainya pembicaraan tentang pemindahan ibu kota ini sekaligus menjadi ajang untuk segera berkenalan dengan Kalimantan Timur.

Beberapa tempat paling populer di Kalimantan Timur yang wajib kamu kunjungi adalah Balikpapan, Samarinda, dan Berau.

1. Balikpapan

Balikpapan terkenal sebagai kota pelabuhan di Kalimantan, karena berbagai pantai pasir putihnya yang indah, seperti Pantai Kemala. Di Balikpapan, salah satu tempat populer untuk dikunjungi di ibu kota baru ini, kamu juga bisa mengunjungi kios-kios yang ada di Kebun Sayur, menjual perhiasan, batu permata, dan souvenir.

Balikpapan juga memiliki Masjid Agung At-Taqwa yang dihiasi dengan pola geometris besar. Di bagian utara kota Balikpapan, kamu bisa menemui Bukit Bangkirai dengan jembatan kanopinya di atas hutan hujan, serta Samboja Lestari, rumah perlindungan, sekaligus penyelamatan orangutan, dan beruang madu. Cukup menarik untuk menjelajahi ibu kota baru, bukan?

 

 

2. Samarinda

Samarinda adalah ibu kota dari provinsi Kalimantan Timur. Kota ini terletak di tepi Sungai Mahakam dan merupakan kota terpadat di seluruh Kalimantan.

Kota ini terkenal dengan amplang-nya sebagai makanan tradisional dan kain sarung Samarinda. Ketika berkunjung ke Samarinda, kamu bisa pergi ke Jembatan Mahakam, jembatan yang menghubungkan tepi sungai di sisi kota yang satu dengan sisi kota lainnya, yang bernama Samarinda Seberang.

3. Berau

Berau adalah salah satu kabupaten dari enam kabupaten yang ada di provinsi Kalimantan Timur. Ibu kota dari Kabupaten Berau adalah Tanjung Redeb yang pada jaman dahulu adalah nama kesultanan lokal di masa kolonial Belanda.

Pada awal abad ke 19, Berau dibagi menjadi dua kesultanan yang terpisah, yaitu Gunung Tabur dan Sambaliung. Jadi, tempat mana yang paling ingin kamu kunjungi ketika ibu kota dipindah ke Kalimantan Timur?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading