Sukses

Lifestyle

Tak Punya Support System yang Baik, Perempuan Tetap Bisa Jadi yang Terhebat

Fimela.com, Jakarta Support system adalah istilah yang kerap diartikan sebagai lingkaran sosial atau orang-orang terdekat yang selalu bisa mendukung kita. Bisa jadi orangtua, sahabat, rekan kerja, atau pasangan. Sungguh beruntung bagi kita yang terlahir atau memiliki support system yang baik dalam hidup. Tapi meski kita tak punya support system sesuai dengan keinginan, bukan berarti kita tak bisa menjalani hidup ini dengan hebat.

Pada titik tertentu atau fase tertentu dalam hidup, kita mungkin tak bisa mendapat support system yang kita inginkan. Bukannya dukungan atau bantuan yang kita dapat, kita terpaksa harus bisa kuat melakukan sesuatu seorang diri. Jika tak bisa mendapat support system yang kita inginkan, maka ini saatnya untuk membangun sendiri support system yang kita butuhkan.

Bangun Karakter dan Asah Kelebihanmu

“Need someone to always have your back?Try yourself...” ― Samiha Totanji

Jika tak ada orang yang bisa mendukungmu atau membantumu di saat-saat terendahmu, maka satu-satunya orang yang bisa meringankan bebanmu adalah dirimu sendiri. Ya, ini adalah hal yang sangat sulit. Di saat kita tak bisa bergantung atau mengandalkan orang lain untuk membuat kita merasa lebih baik, maka diri kita sendiri lah yang harus lebih aktif untuk memperkuat diri. Asah kelebihan-kelebihan yang kamu punya. Lakukan hal-hal luar biasa yang bisa kamu lakukan.

 

Izinkan Dirimu Berdamai dengan Emosimu

“Cry your heart out little girl Cry ‘till there is no tears more to shed Cry ‘till there is no demon screams through your head Cry ‘till all your pain is washed away Cry ‘till there is no more aches left from yesterday Cause darling that’s how beauty is grown again, for simply a piece of art is made by nothing but patience and a feel of pain …” ― Samiha Totanji

Akan ada saatnya kesedihan membanjiri emosimu. Di saat orang-orang tak mau peduli atau memperhatikanmu, kamu mungkin akan merasa sangat kesepian. Tak apa bersedih. Izinkan saja dirimu menangis. Tapi setelah itu, hapus air mata dan lakukan sesuatu yang lebih indah.

Berusaha Mandiri akan Melatihmu Jadi Perempuan yang Lebih Dewasa

Bukan bermaksud untuk sombong atau sok paling kuat. Hanya saja pada kenyataannya ada saat-saat kita hanya bisa mengandalkan diri sendiri untuk melakukan sesuatu. Karena situasi dan keadaan kita harus bisa mandiri. Tidak mudah melewati masa-masa berat seorang diri. Tapi begitu kita berhasil melewatinya, akan ada proses pendewasaan baru yang akan kita dapat.

Kita tak bisa menggantungkan orang lain untuk mengubah hidup kita. Bila kita ingin mengubah hidup kita, maka kitalah yang perlu melakukan sesuatu. Tak perlu terlalu lama mengasihani diri sendiri. Saatnya untuk melangkah dan menegakkan kepala. Buatlah hidupmu jadi lebih berarti.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sudah Monolog Hari Ini? 3 Manfaat Berbicara pada Diri Sendiri
Artikel Selanjutnya
Penelitian Membuktikan, Ini Motivasi Hidup Terbesar Setiap Orang