Sukses

Lifestyle

Perbedaan Mengejutkan dari Cara Pria dan Perempuan Mengatasi Kesepian

Fimela.com, Jakarta Cara setiap orang mengatasi kesepian bukanlah satu hal yang bisa dilihat secara langsung. Namun, bukan rahasia lagi bahwa pria dan perempuan memang memiliki perbedaan signifikan dalam cara mereka mengatasi emosi negatif.

Ketika kehidupan kaum perempuan tidak berjalan baik, mereka cenderung menjadi depresi. Sedangkan kaum pria biasanya menjadi lebih pemarah daripada biasanya.

Namun, ternyata pria dan perempuan memiliki rasa kesepian yang sama, seperti dilansir dari yourtango.com, Jumat (30/8/2019). Menurut penelitian, perempuan di segala usia dan tahap kehidupan memiliki tingkat kesepian yang lebih tinggi daripada pria.

Kecuali, untuk mereka yang berstatus lajang. Pria lajang ternyata lebih merasa kesepian daripada perempuan lajang, mengapa bisa begini?

 

 

Cara perempuan mengatasi kesepian

Perempuan cenderung lebih berpikiran sosial dan karena itulah mereka bisa mempertahankan persahabatan yang lebih dekat di luar hubungan romantis, ketimbang kaum pria. Sayangnya, karena perempuan jauh lebih fokus pada hubungan daripada pria, ketika hubungan tersebut terasa tidak memuaskan, mereka akan merasa lebih kesepian.

Menariknya, sebuah studi yang dilakukan oleh Shelley Borys di University of Waterloo menemukan bahwa perempuan memiliki kemampuan untuk mengatasi rasa kesepian dibandingkan kaum pria, karena mereka mengakui bahwa mereka kesepian. Ya, karena pria enggan mengakui perasaan mereka sendiri, perasaan kesepian tersebut menjadi sesuatu yang lebih tidak nyaman lagi untuk dijalani.

Cara pria mengatasi kesepian

Pria cenderung fokus pada pencapaian sekelompok kenalan untuk memerangi kesepian, sedangkan kaum perempuan lebih fokus pada hubungan satu lawan satu. Dengan fakta-fakta di atas dapat disimpulkan bahwa pria dan perempuan mengatasi perasaan kesepian dengan cara yang berbeda.

Perempuan lebih menghargai hubungan satu lawan satu dan karena hubungan ini membutuhkan lebih banyak waktu, serta energi untuk dipertahankan, kaum perempuan memiliki lebih sedikit hubungan untuk mencegah kesepian. Sedangkan pria lebih fokus pada banyak kenalan, yang jika jaringan ini menipis, mereka akan menjadi sangat rentan terhadap kesepian. Bagaimana menurutmu?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading