Sukses

Lifestyle

5 Tips Menghalau Rasa Kesepian saat Bekerja di Rumah

ringkasan

  • Menjadwalkan Waktu Hang Out
  • Menikmati Podcast
  • Miliki Hewan Peliharaan

Fimela.com, Jakarta Bekerja di rumah bukan hal yang baru lagi. Saat ini banyak pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa harus ngantor. Berbagai jenis pekerjaan lepas seperti mendesain, menulis, hingga menerjemah bisa dilakukan dari rumah. Ada kenyamanan tersendiri yang bisa didapat dengan bekerja di rumah.

Hanya saja kadang rasa kesepian menghantui ketika bekerja di rumah. Untuk mengatasi rasa kesepian ini pun ada banyak cara yang bisa dilakukan. Demi terjaganya produktivitas kerja, mengambil jeda meluangkan waktu untuk mengatasi rasa kesepian perlu dilakukan. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Menjadwalkan Waktu Hang Out

Hubungi teman atau kenalan yang sekiranya bisa diajak untuk bertemu. Menghabiskan waktu untuk bersantai dan mengobrol sambil menikmati makanan enak bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi rasa kesepian. Melakukan interaksi sosial dengan orang-orang terdekat bisa menyegarkan pikiran dan mengurangi perasaan kesepian yang dirasakan. Atau jika tak bisa keluar rumah, bisa manfaatkan fasilitas video call untuk mengobrol dan berinteraksi dengan seseorang.

2. Jalan-Jalan, Belanja, Menikmati Hiburan

Kalau tidak ada teman atau kenalan yang bisa diajak bertemu, coba jadwalkan waktu jalan-jalan sendiri. Bisa juga dikombinasikan dengan belanja dan menikmati hiburan seperti nonton bioskop. Perasaan kesepian yang hadir saat bekerja di rumah bisa jadi disebabkan oleh rasa jenuh yang kita rasa. Sehingga untuk mengatasinya kita perlu mencari suasana segar yang baru.

 

3. Menikmati Podcast

Dilansir dari success.com, Sharon Rosenblatt, direktur komunikasi di Accessibility Partners mengungkapkan dirinya mendengarkan podcast saat bekerja. Meski tidak berinteraksi atau bertatap muka langsung dengan orang yang sedang berbicara, setidaknya bisa membuat kita merasa tidak sendirian.

4. Bergabung ke Co-Working Space

Co-working space semakin mudah ditemukan di berbagai kota. Bergabung ke co-working space bisa menjadi salah satu cara untuk bisa fokus bekerja dan dapat sedikit berinteraksi dengan rekan-rekan yang ada di co-working space tersebut. Setidaknya dengan melihat ada orang lain yang juga sedang sibuk dan fokus bekerja, kita tak lagi merasa sendirian.

5. Miliki Hewan Peliharaan

Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gob, ada penelitian yang menyebutkan bahwa memiliki hewan peliharaan bisa mengusir rasa kesepian. Memelihara kucing misalnya bisa bantu meningkatkan suasana hati. Ketika melihat tingkah lucu kucing, kita bisa dibuat tersenyum atau tertawa dan hal ini bisa membuat suasana hati kita jadi lebih baik.

Menjaga mood dan produktivitas kerja di rumah memang jadi tantangan tersendiri. Penting juga untuk selalu mengambil jeda khusus untuk istirahat agar kita tak terlalu lelah.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading