Sukses

Lifestyle

5 Gorengan Khas Jawa dengan Cita Rasa Manis, Mana Favoritmu?

Fimela.com, Jakarta Gorengan menjadi salah satu makanan yang disukai oleh semua orang. Meski tinggi kolesterol, selama ini gorengan tetap menjadi sajian yang tak bisa ditolak oleh siapapun.

Gorengan ada dua macam yakni gorengan dengan cita rasa asin atau gurih dan gorengan dengan cita rasa manis. Kali ini Fimela akan mengenalkan gorengan khas Jawa dengan cita rasa manis. Tak hanya enak, gorengan ini juga mudah cara membuatnya.

Berikut sedikitnya gorengan manis yang khas di Jawa.

Gorengan Manis Khas Jawa

Jemblem atau Onde-Onde Ketela

Gorengan manis pertama ada jemblem atau onde-onde ketela. Gorengan ini terbuat dari ketela pohon parut yang kemudian diisi gula merah di dalamnya dan dibentuk bulat lonjong. Jemblem memiliki cita rasa gurih di luar dan begitu manis di dalam. Jemblem cocok dinikmati saat masih hangat bersama teh atau kopi panas.

Pisang Goreng

Gorengan manis selanjutnya adalah pisang goreng. Untuk mendapat cita rasa manis yang pas, sebaiknya kita menggunakan pisang kepok sebagai bahan utama pisang goreng.

Tape Goreng

Gorengan manis khas Jawa selanjutnya ada tape goreng. Tape goreng terbuat dari tape ketela pohon yang dibentuk bulat dan dibungkus adonan tepung. Rasa tape goreng sangat enak dan menggugah selera.

Getas

Getas juga disebut sebagai gemblong. Ini merupakan gorengan yang terbuat dari tepung beras ketan dan dibaluri dengan tepung gula manis yang dicairkan hingga kemudian gula cair tersebut dibiarkan mengeras.

Timus

Ini merupakan gorengan yang terbuat dari ubi jalar maupun ubi ungu. Ubi dikukus hingga empuk dan matang kemudian dihaluskan. Ubi yang telah dihaluskan dicampur dengan gula pasir, tepung terigu, tepung tapioka dan sedikit garam kemudian dibentuk bulat lonjong. Ini kemudian digoreng hingga berwarna kecokelatan.

Itulah beberapa gorengan manis khas Jawa yang enak dan menggugah selera. Selain di atas, goreng khas Jawa lainnya ada nangka goreng, molen dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak gorengan yang ada di atas, mana yang menjadi favoritmu?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Sikap yang Bisa Bikin Hubungan Asmara Langgeng Bahagia
Artikel Selanjutnya
3 Zodiak yang Lebih Suka Menjalin Persahabatan Dibanding Pacaran