Sukses

Lifestyle

Mengenal Faktor Penyebab Menopause Dini pada Perempuan

Fimela.com, Jakarta Menopause merupakan momen berhentinya produksi hormon reproduksi perempuan sehingga membuatnya tidak lagi menstruasi bahkan kesulitan mengandung. Umumnya, menopause pada perempuan terjadi saat usianya mencapai 45 tahun hingga 55 tahun.

Setiap orang memiliki waktu menopause yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Ada yang usia 55 tahun bahkan lebih baru menopause, ada yang usia 45 dan bahkan ada yang usia lebih muda di bawah 40 juga 30 tahun. Menopause yang terjadi pada perempuan dengan usia muda atau produktif ini sering disebut sebagai menopause dini.

Ada beberapa efek yang dialami perempuan karena menopause dini. Efek tersebut mulai dari gangguan emosi, stres, depresi, kulit dan mata kering, miss V terasa tipis dan kurang fleksibel, mudah lelah, rentan terhadap sakit jantung, stroke, kanker usus, ovarium dan gigi serta gusi, tulang rentan keropos dan tidak bisa memiliki keturunan.

Sedikitnya ada beberapa faktor yang menyebabkan menopause dini. Melansir dari laman health.com, berikut faktor penyebab menopause dini yang umum terjadi.

Penyebab Menopause Dini

Stres dan Depresi

Stres dan depresi bisa memengaruhi produksi hormon di tubuh. Stres dan depresi dipercaya kuat sebagai salah satu faktor penyebab menopause dini. Kedua hal ini juga berperan penting dalam menentukan kesehatan seseorang.

Menderita Penyakit Tertentu

Perempuan dengan kondisi penyakit tertentu juga bisa mengalami menopause dini. Penyakit seperi HIV.AIDS, kelainan kromosom X, sindrom kelelahan kronis, rheumatoid arthritis dan kanker bisa meningkatkan risiko menopause dini.

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Konsumsi obat-obatan baik obat medis atau obat terlarang bisa meningkatkan risiko menopause dini. Obat yang mengandung berbagai bahan kimia sangat berpengaruh besar terhadap produksi hormon di tubuh.

Konsumsi Makanan dan Minuman yang Terpapar Zat Kimia

Makanan dan minuman yang terpapar zat kimia sangat besar kemungkinan meningkatkan risiko menopause dini. Makanan yang mengandung pestisida tak hanya menyebabkan menopause tetapi juga menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Berat Badan Tubuh

Perempuan dengan berat badan kurang atau berlebih bisa memengaruhi kesuburannya. Perempuan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk (obesitas) berisiko mengalami menopause dini karena produksi hormon di tubuhnya tak seimbang.

Pola Hidup Buruk

Pola hidup dan makan yang buruk juga bisa menjadi faktor penyabab menopause dini. Merokok, konsumsi obat terlarang, begadang, kurang olahraga, stres berat dan sejenisnya sangat besar pengaruhnya terhadap kesuburan.

Kemoterapi

Kemoterapi untuk pengobatan kanker dan penyakit serius lainnya bisa menjadi faktor penyebab menopause dini. Para ahli mengungkapkan jika kemoterapi bisa menimbulkan kerusakan pada ovarium dan menyebabkan ovarium berhenti bekerja.

Itulah beberapa faktor penyebab dari menopause dini. Untuk menghindari menopause dini, pastikan untuk selalu memiliki pola hidup sehat, konsumsi sayur dan buah cukup, miliki istirahat cukup, olahraga cukup dan hindari stres. Pastikan untuk konsumsi air putih juga setiap harinya.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading