Sukses

Lifestyle

Sensasi Seru Menikmati Sajian Kuliner dengan Teknik Tata Boga Jepang

Fimela.com, Jakarta Kuliner menjadi hal yang tidak pernah bosan untuk dieksplorasi. Beragam jenis kuliner yang kaya rasa seru untuk dicoba dan sayang kalau dilewatkan. Untuk mengenal keberagaman kuliner dunia yang lebih luas, kamu dapat mengikuti program ‘When Jakarta Meets’.

Ajang yang diadakan oleh Hotel Fairmont Jakarta ini akan berlangsung untuk ketiga kalinya. Kali ini, Jepang dipilih sebagai destinasi yang akan dieksplorasi. ‘When Jakarta Meets Japan’ akan menghadirkan Chef tamu dan ahli Mixologi dari Jepang mulai 18 hingga 22 September 2019. Progam kuliner ini akan menampilkan lima acara utama, mulai dari special afternoon tea set di Peacock Lounge, party di K22 Bar, Barong Bar Takeover, pengalaman gastronomi di VIEW restaurant, dan buffet di Spectrum.

Yang paling unik dan harus dicoba yaitu hidangan makan malam yang terdiri dari delapan sajian. Seluruh menu akan dibuat secara eksklusif oleh Chef Tatsuya Sakamoto dari SENSHU Restaurant menggunakan bahan-bahan premium segar, yang dibawa langsung dari Jepang.

Berasal dari Tokyo, Chef Sakamoto telah tinggal di Indonesia selama lima belas tahun. Ia memulai karirnya sebagai chef pada tahun 90-an di beberapa hotel bintang lima di Osaka dan Tokyo. Chef Sakamoto kemudian mengembangkan karirnya di luar Jepang, dengan bergabung dengan beberapa hotel seperti Marina Del Rey dan St. Thomas, USA, serta Sao Paolo hingga akhirnya dipercaya menjadi chef residence untuk Konsulat Jeneral Jepang.

Tahun 2004, ia bertolak ke Jakarta dan menetap hingga kini. Untuk program ini, Chef Sakamoto akan menghadirkan hidangan istimewa di VIEW Restaurant diawali dengan  hidangan laut Cooked “Horned Turban” sebagai starter kemudian dilanjutkan dengan “Trio” yang terdiri dari Udang Manis, Sea Urchin, dan Caviar.

Menu ketiga adalah Chawanmushi yaitu hidangan pembuka tradisional Jepang yang berupa egg custard selembut sutera dengan beberagai campuran yang kaya rasa. Chef Sakamoto memberikan sentuhan yang berbeda dari hidangan otentik ini, dengan menabahkan Foie Gras sebagai bahan utama Chawanmushi.

Di Jepang, bulan September adalah masa pergantian dari musim panas ke musim gugur, sehingga menjadi saat paling digemari mengingat udara panas berganti menjadi sejuk. Chef Sakamoto akan mendedikasikan hidangan ke empat dengan menghadirkan ikan Kinmedai segar yang disajikan dengan beberapa sayuran khas musim gugur, serta Kinome Miso, dan Yuzufoam.

Menu kuliner selanjutnya adalah Ezo Abalone, yang disajikan dengan Liver Sauce dan black truffle. Ezo Abalone adalah salah satu dari 4 jenis abalone yang bisa dikonsumsi berasal dari perairan Jepang. Abalone dianggap sebagai “rajanya” kerang oleh banyak orang karena tidak hanya memiliki rasa yang lezat, namun juga kaya akan nutrisi.

 

Hidangan penyegar dengan buah khas musim gugur

Sebelum hidangan utama, Chef Sakamoto akan menghadirkan hidangan penyegar yang terbuat dari buah-buahan asal Prefektur Koshi di Jepang. Daerah Prefektur Kochi memiliki jam siang yang panjang dengan perbedaan suhu antara pagi dan sore hari yang sangat bagus, tetapi iklim umumnya hangat sehingga buah-buahan berkualitas tinggi dapat tumbuh dengan baik di daerah ini.

Salah satunya "Buah Tomat" yang dikembangkan dengan teknik panen khusus, sehingga memiliki rasanya yang manis seperti buah. Sebagai penyegar mulut, Chef Sakamoto menghadirkan Tomat Buah dari Kochi, dengan kadar gula 8 derajat.

 

Hidangan utama daging Kagoshima khas Jepang

Sampai pada hidangan utama, Chef Sakamoto menghadirkan daging terbaik di dunia, Kagoshima Beef. Kagoshima adalah daerah penghasil wagyu beef terbesar di Jepang dan dipasarkan dengan nama “Kagoshima (Black) Beef”. Karakteristik utama dari daging ini adalah kelembutan dan rasanya yang sempurna, bersama dengan lemak yang seimbang di seluruh serat otot.

Kamu dapat menikmati daging khas yang meleleh di mulut dengan rasa yang lembut dari hidangan Beef Sirloin premium dari Kagoshima. Sebagai penutup santap malam istimewa ini, dihadirkan jamur khas musim gugur serta Chestnut Rice dan kue manis khas Jepang. Makan malam ini akan dibuka dengan kehadiran Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii pada tanggal 18 September 2019.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading