Sukses

Lifestyle

Bisa Membuat Kenyal Hingga Renyah, Ini 5 Kegunaan Air Kapur Sirih

ringkasan

  • Membuat Kue Lebih Kesat dan Kenyal
  • Membuat Lontong dan Ketupat Lebih Padat
  • Membuat Irisan Buah Lebih Kesat

Fimela.com, Jakarta Sering mendengar atau mengetahui resep yang menggunakan bahan air kapur sirih? Air kapur sirih adalah endapan air dari kapur sirih yang dilarutkan. Larutan dari campuran air dan kapur sirih ternyata memiliki sejumlah manfaat dan kegunaan dalam proses pembuatan makanan.

Air kapur sirih diyakini bisa membuat jenis makanan tertentu lebih renyah. Aneka olahan dan kue tradisional seperti klepon pun bisa lebih kenyal dengan penambahan air kapur sirih. Selengkapnya, yuk kita simak lima kegunaan air kapur sirih berikut ini.

1. Membuat Kue Lebih Kesat dan Kenyal

Ragam kue tradisional seperti klepon dan mendut bisa ditambahkan air kapur sirih agar hasilnya lebih kesat dan kenyal. Misalnya untuk membuat klepon dengan 200 gram tepung ketan kita bisa menggunakan 1 sdt air kapur sirih. Tak perlu terlalu banyak menggunakan air kapur sirih agar hasil olahan atau kuenya tidak getir.

2. Membuat Lontong dan Ketupat Lebih Padat

Ketupat yang direndam dengan air kapur sirih, saat dimasak hasilnya nanti bisa lebih padat. Beras yang akan digunakan untuk membuat lontong juga bisa direndam sebentar dalam air yang diberi tambahan sedikit air kapur sirih agar hasilnya lebih padat. Selain itu, penggunaan air kapur sirih ini juga diyakini dapat membuat lontong dan ketupat lebih awet.

3. Membuat Irisan Buah Lebih Kesat

Irisan buah untuk manisan atau es buah bisa dibuat lebih kesat dengan merendamnya lebih dulu dalam air yang dicampur sedikti air kapur sirih. Buah seperti mangga, salak, pepaya, dan melon setelah dipotong-potong dapat direndam dalam larutan dengan air kapur sirih selama beberapa menit untuk kemudian kita olah jadi kudapan yang kita inginkan.

 

4. Membuat Keripik dan Rempeyek Lebih Renyah

Ingin menikmati rempeyek yang lebih renyah? Coba tambahkan sedikit air kapur sirih dalam adonannya. Ambil bagian air kapur sirih yang bening (setelah mengendap akan ada bagian yang bening di atasnya) lalu campurkan sedikit ke adonan. Olahan keripik seperti keripik pisang juga hasilnya bisa lebih renyah dengan direndam terlebih dahulu dalam air kapur sirih. 

5. Membuat Kacang Goreng Lebih Kriuk

Bagi yang suka dengan camilan kacang goreng yang renyah, coba buat dengan merendamnya lebih dulu dalam air kapur sirih. Kacang yang sudah direndam dalam bumbu, air, dan sedikit air kapur sirih, ketika digoreng hasilnya akan lebih renyah dan kriuk. 

Itu tadi beberapa kegunaan kapur sirih. Selama air kapur sirih tidak digunakan secara berlebihan, olahan yang dibuat tidak akan berubah rasanya. 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading