Sukses

Lifestyle

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menimbang Berat Badan?

ringkasan

  • Hasil timbangan berat badan kadang naik-turun.
  • Bahkan ketika menimbang berat badan di hari yang sama.
  • Ternyata, waktu menimbang badan sangat berpengaruh pada keakuratan hasil timbangan.

Fimela.com, Jakarta Selama ini, menimbang berat badan kamu lakukan kapan saja. Terutama ketika kamu on the mood untuk mengetahui apakah dietmu berhasil. Atau, bisa jadi kebiasaan sebagian orang untuk menimbang berat badan di pagi hari, hanya untuk mengontrol berat badan. 

Namun, Women's Health Magazine menulis, berat badanmu tidak selalu sama setiap hari. Hal ini bisa saja disebabkan banyak hal. Jumlah makanan yang dikonsumsi, atau hal lainnya. 

Fakta lainnya yang lebih mengejutkan adalah, hasil timbangan yang kamu lihat belum tentu akurat. Pasalnya, hasil timbangan di pagi hari bisa saja berbeda dengan hasil di malam hari. Padahal, harinya masih sama. Lantas, mana hasil timbangan yang harus kamu percaya?

Timbang Badan di Pagi Hari

Satu-satunya hasil timbangan yang bisa kamu percaya adalah hasil timbangan di pagi hari. Ketika kamu bangun pagi, lakukan baung air kecil atau BAB. Setelah itu, tanpa pakaian sama sekali, timbanglah berat badanmu. 

Dokter obesitas Charlie Seltzer, MD mengatakan kepada Women's Health Magazine, cara ini membuat hasil timbangan badanmu lebih akurat. Kenapa pagi hari? 

Ternyata, waktu ini dinilai paling ideal. Berat badanmu adalah hasil dari apa yang kamu konsumsi kemarin. Jadi, menimbang berat badan di pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mengetahui apakah makanan kemarin membuat timbanganmu naik atau turun. 

Selain itu, menimbang berat badan tanpa pakaian sama sekali juga termasuk salah satu upaya mendapatkan hasil timbangan yang akurat. Baju, meski ringan, ternyata juga menambah beban di atas timbangan tubuh. Oleh karen itu, melepas semua pakaian merupakan cara untuk mendapatkan hasil timbangan yang sangat akurat. 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading