Sukses

Lifestyle

Ternyata, Ini 5 Alasan Mengapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan

ringkasan

  • Cinta pertama itu kuat
  • Patah hati pertama juga terasa sangat kuat
  • Ada banyak hal pertama lainnya yang terjadi

Fimela.com, Jakarta Setiap orang yang pernah jatuh cinta mungkin tak pernah melupakan seperti apa cinta pertamanya. Cinta pertama adalah ingatan paling memorable yang bisa didapat seseorang ketika pertama kali merasakan cinta.

Terlepas dari kenangan manis atau pahit tentang cinta pertama, tahukah mengapa kita sulit melupakan cinta pertama? Meski sedikit penelitian ilmiah yang tercatat untuk hal ini, namun secara psikologi, ada banyak hal yang mendasari alasan kita sulit melupakan cinta pertama.

1. Cinta pertama itu kuat

Ini adalah pengalaman pertama kamu merasakan hal berbeda terhadap seseorang dan perasaan itu pasti akan mengubah hidupmu. Tiba-tiba saja kamu menyadari jantungmu berdebar dan malu. Segala perasaan itu membuncah dan tak terbendung, dan inilah yang menjadikan cinta pertama diukir permanen dalam sejarah hidupmu.

Seperti dikatakan profsor psikology State University of New York Art Aron dalam The Washington Post, "Pengalaman pertamamu terhadap sesuatu pantas dikenang dan diingat lebih lekat dibandingkan pengalaman selanjutnya."

Alasan Cinta Pertama Sulit Dilupakan

2. Patah hati pertama juga terasa sangat kuat

Bisa jadi cinta pertamamu adalah patah hati pertamamu, dan ini pasti akan menghancurkan perasaan. Akhir yang menyakitkan, tak sesuai harapan segala hal yang menyisakan luka itu juga memberi dampak kuat, dan biasanya hanya hal yang sangat kuat yang akan diingat oleh otak.

3. Cinta ini jujur dan polos

Untuk sebagian besar orang, cinta pertama itu sangat polos, sangat murni. Dan karena kejujuran inilah yang membuatmu lebih rentan dari biasanya. Ini buka hal yang sengaja kamu rencanakan, tapi mengalir begitu saja, dan inilah yang membuat cinta pertama terasa spesial.

4. Ada banyak hal pertama lainnya yang terjadi

Ketika jatuh cinta untuk pertama kalinya, banyak hal-hal 'pertama' lainnya yang juga terjadi dalam hidupmu, seperti misalnya bergandengan tangan untuk pertama kalinya, jalan berdua untuk pertama kalinya, cemburu pertama kalinya dan lain sebagainya. Memori inilah yang membuatmu juga berkenalan pertama kalinya dengan istilah pacaran atau hubungan cinta.

5. Terjadi sekali saja

Karena itu pertama kalinya, tentu it hanya akan terjadi sekali seumur hidupmu. Cinta itu mengubahmu, mengenalkanmu dan mengajarkanmu pada banyak hal, mewakili masa mudamu, berbagai kemungkinan dan bahkan mengenal diri sendiri. Itulah mengapa cinta pertama memberi kesan mendalam.

Ada banyak hal 'pertama' yang kita alami dalam hidup, dan nyatanya cinta pertama adalah yang sulit dilupakan karena alasan-alasan di atas. Kamu memiliki slaah satu alasannya juga, Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Menu Hari Ini: Sandwich Keju, Ceker Ayam Dim Sum dan Sate Buntel
Artikel Selanjutnya
Apakah Aman Makan Salmon Mentah? Apa Bahayanya?