Sukses

Lifestyle

Menurut Studi, Punya Sahabat Sejati Baik untuk Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Berapa banyak sahabat sejati yang dirimu miliki Sahabat Fimela? Satu, dua atau bahkan lebih?

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang setidaknya memiliki satu sahabat sejati dalam hidupnya. Sahabat sejati ini akan selalu ada dalam suka maupun duka. Ia juga menjadi tempat curhat dan berbagi cerita mengenai apapun yang dirimu alami.

Mengenai sahabat sejati, melansir dari laman hellosehat.com memiliki sahabat sejati bisa berdampak baik bagi kesehatan mental seseorang. Adanya sahabat sejati juga bisa meningkatkan semangat hidup seseorang. Menariknya lagi, keberadaan sahabat sejati bisa membuat seseorang merasa nyaman dan tenang setiap harinya.

Punya Sahabat Sejati Memberi Banyak Manfaat

Rachel K. Narr, Ph.D., salah seorang peneliti dan beberapa rekannya dari Fakultas Psikologi University of Virginia di Amerika Serikat menemukan jika orang-orang yang memiliki sahabat sejati hidupnya lebih bahagia. Penelitian yang dimuat dalam Journal Child Development bahkan menyebutkan jika remaja yang memiliki seorang sahabat sejati dalam hidupnya cenderung lebih jarang stres dan depresi.

Orang-orang dewasa yang memiliki sahabat sejati di luar pasangannya juga ditemukan hidup lebih bahagia dan tenang. Mereka umumnya merasa lebih dihargai, dihormati dan dipercaya ketika memiliki sahabat sejati setidaknya satu orang dalam hidupnya.

Penelitian yang dilakukan Rachel pada sedikitnya 170 partisipan usia di atas 25 tahun menemukan jika mereka yang telah menjalin persahabat lebih dari 10 tahun umumnya lebih jarang cemas dan depresi. Mereka juga cenderung tenang, bahagia serta teliti.

Para ahli menemukan jika keberadaan sahabat sejati bisa jadi kunci kesehatan mental seseorang di masa depan. Semakin baik dan lama persababat seseorang, kemungkinan besar semakin baik kesehatannya di masa depan. Menurut Leslie Becker-Phelps, Ph.D., seorang psikolog klinis di Basking Ridge, orang yang punya sahabat sejati lebih bisa terhindar dari penyakit mental seperti bipolar, suasana hati yang tidak stabil hingga depresi.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukti Studi, Kesehatan Mental Ayah Tentukan Kesehatan Mentalmu Juga
Artikel Selanjutnya
Stres Berat Bisa Menimbulkan Sakit Perut, Ini Alasannya!