Sukses

Lifestyle

Tips Menggunakan Asam Jawa agar Masakan Lebih Sedap

Fimela.com, Jakarta Asam jawa bisa digunakan untuk berbagai olahan minuman dan makanan. Dibuat minuman es asam jawa yang segar bisa. Dicampurkan ke bumbu rujak juga bisa. Rasa dan aroma asam jawa bisa memberi keunikan tersendiri pada olahan masakan yang dibuat.

Saat ini, kita bisa dengan mudah menemukan asam jawa dalam bentuk pasta. Asam jawa yang sudah dalam bentuk pasta bisa langsung digunakan dalam masakan. Kita bisa saja langsung memasukkan asam jawa ke dalam masakan. Tapi bila ingin hasil masakan yang lebih sedap dan bumbu menyatu dengan lebih sempurna, ada baiknya asam jawa dilarutkan terlebih dahulu dengan air hangat.

Asam Jawa Dilarutkan dengan Air Hangat

Agar aroma dan rasa asam jiwa bisa lebih kuat tanpa merusak rasa utama masakan, kita perlu melarutkan asam jawa dengan air hangat secukupnya. Baru setelah itu kita tuangkan dalam bumbu atau masakan yang kita buat. Asam jawa yang sudah dilarutkan ini pun akan memudahkan kita dalam menakar tingkat kepekatan dan rasa yang kita inginkan.

Pilih asam jawa yang masih segar. Lebih baik lagi bila menggunakan asam jawa tua yang baru dipetik. Bila menggunakan asam jawa dalam bentuk pasta yang banyak dijual di pasaran, pilih yang warnanya masih cokelat tua dan tekstur daging asam jawanya masih lembut.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menyimpan Daun Mint agar Tetap Segar Seminggu
Artikel Selanjutnya
Agar Nasi Putih Punya Rasa Gurih, Masak dengan Kaldu Ayam