Sukses

Lifestyle

Berapa Lama Baiknya Membiarkan Adonan Mengembang Sempurna?

Fimela.com, Jakarta Adonan roti sebelum dipanggang atau digoreng perlu dibiarkan dulu sehingga bisa mengembang sehingga kue atau roti lebih nikmat setelah matang. Namun berapa lama adonan boleh dibiarkan mengembang? Seringkali orang salah menghitung waktu yang tepat sehingga adonan justru keras dan bantat.

Adonan boleh dibiarkan mengembang atau disebut juga dengan proofing selama maksimal satu jam, kalaupun ingin membiarkan lebih lama, cukup 10-15 menit saja, karena jika adonan yang pertama kali dikembangkan atau di-proofing dibiarkan terlalu lama, akan membuat adonan kempis sendiri dan ini berarti ragi di dalam adonan mati.

Lama Adonan Bisa Dibiarkan Mengembang

Adonan harus segera diuleni ulang jika sudah mengembang untuk pertama kalinya untuk membuang udara yang terjebak di dalam adonan. Setelah itu boleh didiamkan lagi selama 15 menit untuk membuatnya mengembang sedikit, dan setelah itu boleh dipanggang atau digoreng.

Mengembangkan adonan ragi sendiri ada dua tahap, yang pertama adalah membuktikan ragi aktif, dan kedua adalah membentuk adonan sesuai keinginan. Jadi jika ingin mengambangkan adonan roti, selalu perhatikan waktunya dan jangan lebih dari dua kali proofing ya agar hasil kue atau roti empuk dan mengembang sempurna.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menyimpan Ragi Agar Tetap Aktif dan Awet Tahan Lama
Artikel Selanjutnya
7 Tips dan Trik Anti Gagal Membuat Cheesecake