Sukses

Lifestyle

5 Kondisi yang Sebaiknya Tak Olahraga Dulu

ringkasan

  • Mengalami Demam
  • Sedang Mengalami Cedera
  • Sedang Flu

Fimela.com, Jakarta Olahraga rutin sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tapi ada saat-saat tertentu yang justru sebaiknya kita perlu tidak berolahraga dulu. Dalam beberapa kondisi tertentu, kita justru disarankan untuk tak melakukan olahraga.

Umumnya, kita sebaiknya tak berolahraga dulu bila tubuh sedang dalam keadaan sakit. Bila sedari awal, tubuh sudah tidak dalam keadaan fit, lebih baik perbanyak istirahat. Berikut ini lima kondisi yang sebaiknya tak berolahraga dulu.

1. Mengalami Demam

Dilansir dari thehealthy.com, jika sedang demam, lebih baik istirahat saja. Demam berarti tubuh kita sedang berjuang untuk melawan penyakit. Berolahraga dalam keadaan demam hanya akan membuat tubuh makin terbebani dan membuat demam jadi susah reda. Belum lagi dengan suhu tubuh yang sudah meningkat, berolahraga hanya akan makin memperparah kondisi tersebut.

2. Sedang Mengalami Cedera

Bila sedang mengalami cedera, beri waktu tubuhmu untuk pulih dan sembuh terlebih dahulu. Memaksakan diri olahraga dalam kondisi cedera bisa berisiko memperparah kondisinya. Kalaupun ingin berolahraga, coba fokus saja pada latihan untuk menenangkan pikiran dan mental, seperti meditasi atau yoga yang mudah.

3. Sedang Flu

Olahraga rutin bisa bantu meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak gampang terserang flu. Tapi kalau sudah sakit flu, hindari olahraga untuk sementara waktu. Jika memaksakan diri olahraga dalam keadaan flu, tubuh akan makin sulit untuk segera sembuh. Fokus saja pada proses pemulihan dan kesembuhanmu terlebih dahulu sebelum berolahraga kembali.

4. Nyeri Otot

Bergerak bisa bantu proses memulihkan nyeri otot karena dapat melemaskan kembali otot-otot tubuh serta mengalirkan oksigen untuk proses pemulihan. Tapi olahraga yang terlalu intens hanya akan membuat otot-otot tubuh makin sakit. Apalagi kalau nyeri otot yang dialami disebabkan oleh olahraga yang dilakukan sebelumnya, maka berilah waktu tubuhmu untuk pulih terlebih dahulu.

5. Tubuh Sudah Terlalu Capek

Jika tubuh masih sedikit capek, olahraga bisa menjadi aktivitas yang dapat menambah energi. Tapi kalau tubuh sudah terlalu capek, sebaiknya tidak berolahraga dulu. Karena kalau sudah kecapekan, sulit bagi kita untuk tetap fokus berolahraga sehingga jadi berisiko tinggi mengalami cedera.

Jika sedang sakit, mengalami cedera, baru sembuh dari sakit, atau dalam proses pemulihan setelah melahirkan, sebaiknya fokus dulu mengembalikan kesehatan tubuh. Baru setelah itu, kita bisa melakukan olahraga sesuai dengan kenyamanan tubuh.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Hal yang Perlu Dilakukan sebelum Aerobik bagi yang Jarang Olahraga
Artikel Selanjutnya
Tidak Lapar tapi Ingin Makan Terus, Kenali 4 Penyebabnya