Sukses

Lifestyle

Trik Bebas Boros Gunakan Kartu Kredit Selama Traveling

Fimela.com, Jakarta Liburan yang dihabiskan dengan cara traveling memang menyenangkan, tapi beda cerita dengan banyaknya anggaran yang dihabiskan. Pengeluaran bukan hanya untuk membayar transportasi saja, tapi juga penginapan hingga kebutuhan selama bepergian.

Membawa tabungan uang tunai dalam jumlah besar tentunya menghadapi risiko besar, mulai dari hilang hingga perampokan. Tidak heran jika banyak yang memilih membawa kartu kredit sebagai solusi tepat. Biar bebas dari tagihan yang membengkak, gunakan beberapa trik hemat berikut ini.

Kartu Kredit dengan Nilai Tukar Terbaik

Melihat tren traveling yang terus berkembang, banyak bank yang menawarkan kartu kredit dengan promo liburan. Bukan hanya itu saja, nilai tukar yang ditawarkan pun berbda-beda untuk transaksi dalam mata uang asing di luar negeri. Biaya transaksi yang dikenakan pun tentunya berbeda. Oleh karena itu, pilih kartu kredit dengan nilai tukar terbaik agar liburan berjalan lancar dan pengeluaran lebih terkendali.

Naikkan Limit

Sebelum bepergian, ada baiknya untuk melaporkan rencana liburanmu, terutama yang tujuannya ke luar negeri pada bank penerbit kartu kredit. Hal ini agar bank mengetahui penggunaan kartu kredit dilakukan oleh pemegang sahnya selama berada di luar negeri dan bukan menganggapnya telah disalahgunakan.

Pastikan semua tagihan sudah dibayar agar lebih leluasa dalam menggunakan kartu kredit tanpa melebihi limitnya. Tapi jika bepergian dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya untuk memastikan limit kartu kredit sudah cukup atau malah perlu meminta penambahan limit.

Manfaatkan Promo yang Diberikan

Salah satu keuntungan yang didapat oleh pemegang kartu kredit saat traveling adalah mendapatkan penawaran menarik berupa promo maupun potongan harga, baik untuk penginapan maupun tiket pesawat. Bahkan, kini makin banyak kartu kredit yang dirancang khusus untuk liburan dan menyediakan beragam promo berupa diskon belanja atau bonus poin setiap kali melakukan transaksi. Tidak ada salahnya memanfaatkan promo sebaik-baiknya untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Gunakan untuk Membayar Deposit Hotel

Tidak sedikit hotel yang meminta deposit untuk menghindari pembatalan sepihak dan biasanya diminta untuk menggunakan kartu kredit. Nilainya memang sedikit lebih mahal daripada total biaya menginap, tapi kelebihan deposit itu nantunya akan dikembalikan ke kartu setelah menyelesaikan pembayaran. Menggunakan kartu kredit sebagai deposit, uang tunai yang dibawa pun aman dan bisa dijadikan pegangan selama perjalanan.

Potong Pengeluaran

Walau sudah membawa kartu kredit sebagai solusi pengeluaranmu selama liburan, sebaiknya jangan gunakan sebagai sumber hutang karena bunganya yang cukup tinggi. Gunakan hanya sebagai dana sementara yang nantinya bisa langsung dilunasi saat jatuh tempo.

Sebisa mungkin gunakan uang tunai meski harus bolak-balik mengambil uang. Tapi cara ini lebih efektif untuk menghemat dana ketimbang shock melihat tagihan kartu kredit setelah pulang liburan.

Walau membawa kartu kredit untuk pelesiran ke luar negeri, pastikan untuk tidak berlebihan dalam menggunakannya. Ada baiknya mempersiapkan dana sejak jauh-jauh hari dan membuat rencana terperinci agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran. (eth)

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Aman dan Cerdas Menggunakan Kartu Kredit
Artikel Selanjutnya
Turuti Lifestyle Bisa Bikin Jatuh Miskin, Kelola Keuanganmu dengan 4 Cara Ini