Sukses

Lifestyle

5 Olahan Masakan yang Perlu Ditambah Ketumbar agar Makin Sedap

ringkasan

  • Aneka Gorengan
  • Aneka Masakan Berkuah Santan
  • Olahan Ayam Goreng dan Ayam Bakar

Fimela.com, Jakarta Sekilas butiran ketumbar mirip dengan merica. Bagi yang baru belajar memasak, seringkali kesulitan membedakan kedua bahan tersebut. Tapi sebenarnya bila kita memperhatikan ukuran butirnya dan aromanya, ketumbar cukup mudah dibedakan dari merica. Bila merica cenderung menambah rasa pedas pada masakan, ketumbar bisa membuat masakan lebih gurih.

Beberapa olahan masakan pun ada yang memang perlu ditambah ketumbar agar hasilnya lebih enak dan sedap. Berikut ini beberapa olahan yang bisa makin sedap bila kita menambahkan ketumbar. Selengkapnya, langsung saja simak di sini, ya.

1. Aneka Gorengan

Gorengan bisa terasa makin sedap dan gurih bila ditambah bumbu ketumbar. Kita bisa menambahkan ketumbar pada bumbu yang dihaluskan atau yang diulek. Biasanya bumbu ketumbar ditambahkan pada adonan pelapis gorengan. Gorengan bisa terasa makin sedap dengan tambahan ketumbar ini.

2. Aneka Masakan Berkuah Santan

Sayur lodeh, soto, hingga gulai perlu ditambahkan ketumbar agar rasanya makin sedap. Aneka masakan berkuah santan akan makin nikmat dan gurih bila ada ketumbar dalam bumbunya. Apalagi bila ketumbar yang digunakan disangrai terlebih dahulu, maka hasilnya bisa lebih sedap.

3. Olahan Ayam Goreng dan Ayam Bakar

Daging ayam bisa dibumbui dengan ketumbar untuk diolah menjadi ayam goreng atau ayam bakar yang sedap. Bumbu ungkep yang akan kita gunakan untuk membuat ayam goreng atau ayam bakar perlu ditambah beberapa butir ketumbar agar aromanya makin gurih.

4. Olahan Bacem

Tahu bacem, tempe bacem, hingga ayam bacem perlu dibumbui dengan ketumbar agar lebih enak. Rasa ketumbar yang sedikit pedas dengan kombinasi gurih serta sedikit manis bisa membuat olahan bacem jadi menggugah selera.

5. Olahan Dendeng

Saat kita mengonsumsi dendeng, biasanya akan langsung terasa aroma dan rasa ketumbar. Ketumbar sudah umum digunakan pada berbagai macam olahan dendeng. Dendeng kering, dendeng balado yang pedas, hingga dendeng manis basah menggunaka ketumbar dalam bumbunya.

Ketumbar bisa lebih tahan lama bila disangrai terlebih dahulu. Aromanya pun akan lebih kuat bila disangrai sebelum digunakan sebagai bahan bumbu masakan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menghilangkan Bau Amis dan Alot pada Kerang
Artikel Selanjutnya
Cara Efektif Mengusir dan Mencegah Kutu pada Beras Ketan