Sukses

Lifestyle

Apakah Air Putih Punya Kalori? Ini Faktanya

ringkasan

  • Air putih yang kita minum pada umumnya dan tidak memiliki rasa
  • Air mengandung sejumlah mineral, seperti kalsium, magnesium, dan sodium, seng dan tembaga

Fimela.com, Jakarta Tubuh membutuhkan asupan cairan setiap harinya karena secara komposisi tubuh, manusia terdiri dari 60% air. Namun sebagai salah satu minuman yang dibutuhkan tubuh, orang mungkin penasaran apakah air memiliki kalori seperti makanan lain pada umumnya?

Air putih yang kita minum pada umumnya dan tidak memiliki rasa, tidak memiliki kalori alias bebas kalori. Kalori datang dari tiga nutrisi pokok, yaitu karbohidrat, lemak dan protein. Namun bukan berarti air putih tidak memiliki kandungan sama sekali. Air mengandung sejumlah mineral, seperti kalsium, magnesium, dan sodium, seng dan tembaga, seperti dilansir dari Healthline.

Air Putih Tidak Memiliki Kalori

Air putih sendiri berfungsi sebagai alat transportasi menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh, menjaga kesesuaikan suhu tubuh, membantu menjalankan metabolisme, memberi struktur pada jaringan tubuh dan sel, dan membantu membuang zat sisa di dalam tubuh.

Air putih bersifat netral, tidak asam maupun basa. Kadar pH air yang baik adalah berada pada angka 7. Air yang mungkin mengandung kalori adalah air yang sudah ditambah dengan rasa-rasa atau kandungan.

Secara sederhana kebutuhan cairan paling baik saat ini dan aman dikonsumsi kapan saja untuk tubuh adalah air putih. Jadi tak heran jika kemudian muncul diet dengan minum banyak air putih, karena ternyata air putih memang tidak memiliki kalori sehingga tak perlu khawatir membuat tubuh gemuk.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Khasiat Diet dengan Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan
Artikel Selanjutnya
Serba-serbi Dehidrasi, Mulai dari Tanda Hingga Jenis Air yang Dikonsumsi