Sukses

Lifestyle

Kunyit hingga Buah Bit, Ini Pewarna Alami untuk Makanan

Fimela.com, Jakarta Makanan dengan warna yang cantik mampu menggugah selera siapa saja dengan sangat baik. Tak hanya memberikan kesan cantik yang menggugah selera, makanan dengan warna yang cantik tidak jarang juga memiliki cita rasa yang lebih menarik.

Untuk mewarnai makanan, sebenarnya ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mewarnai makanan. Selain memberi warna agar makanan makin cantik, pewarna alami ini juga memberikan aroma serta rasa yang lebih menggugah selera.

Berikut ada beberapa pewarna alami makanan yang sering digunakan di kehidupan sehari-hari kita.

Pewarna Makanan Alami

Buah Bit

Pewarna makanan alami pertama ada buah bit. Warna merah pada buah bit sangat cantik untuk pewarna makanan terutama kue.

Buah Naga

Buah naga juga bisa dijadikan pewarna alami makanan. Warna buah naga yang merah atau kuning, bisa menjadi pewarna alami pada makanan seperti kue dan puding. Haluskan buah naga dan saring airnya untuk mendapatkan warna yang makin cantik.

Kunyit

Sejak zaman dulu kunyit dimanfaatkan untuk pewarna alami makanan. Warna kuning cantik pada kunyit sangat cocok untuk memberi warna pada makanan kari atau bersantan bahkan nasi. Kunyit juga memiliki aroma khas yang menambah aroma harum setiap masakan.

Strawbery dan Raspberry

Buah-buahan ini juga bisa dijadikan pewarna alami makanan. Kedua buah ini bisa memberikan sentuhan warna merah atau pink yang cantik pada makananmu.

Ubi Ungu hingga Gula Jawa

Ubi Ungu

Ubi ungu juga bisa dimanfaatkan untuk memberi warna pada makanan. Ubi ungu akan memberikan sentuhan warna ungu yang cantik dan menawan.

Jeruk dan Wortel

Untuk mendapatkan warna oranye yang cantik pada makanan, kita bisa memanfaatkan jeruk dan wortel. Peras buah jeruk dan blender wortel kemudian jadikan air perasaan tersebut sebagai pewarna makanan.

Daun Pandan

Untuk mendapatkan warna hijau pada makanan, kita bisa menambahkan air perasan daun pandan. Selain memberi warna hijau yang cantik, daun pandan juga memberi aroma wangi yang khas.

Gula Jawa

Untuk mendapatkan kue atau makanan dengan warna cokelat cantik, Sahabat Fimela bisa memanfaatkan gula jawa. Cairkan gula jawa kemudian campur ke dalam makanan yang hendak dibuat. Selain memberikan sentuhan warna yang cantik, gula jawa juga bermanfaat memberi rasa manis sedap ke setiap masakanmu.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mewarnai makanan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading