Sukses

Lifestyle

Awas, Rokok Elektrik Bisa Menurunkan Kesuburan Perempuan

ringkasan

  • Rokok elektrik mengandung berbagai bahaya
  • Penggunaan rokok elektrik selama kehamilan bisa memengaruhi kesehatan janin
  • Rokok elektrik juga menurunkan kesuburan perempuan

Fimela.com, Jakarta Selama banyak ini banyak yang menganggap bahwa rokok elektrik lebih aman dari rokok konvensional atau rokok tembakau. Namun pada kenyataannya Sahabat Fimela, baik rokok elektrik maupun rokok tembakau sama-sama berbahaya bagi kesehatan.

Melansir dari laman parents.com, mengonsumsi rokok elektrik bahkan bisa menyebabkan menurunnya kesuburan perempuan. Penelitian yang diterbitkan di Journal of the Endocrine Society oleh peneliti di Oxford University menyebutkan jika paparan zat kimia dari rokok elektrik atau vape bisa memperburuk kesuburan perempuan.

Rokok Elektrik Menurunkan Kesuburan

Dalam penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika rokok elektrik mengandung berbagai bahaya. Bahaya ini akan berkali lipat efeknya terhadap perempuan dengan usia muda. Bahaya tersebut akan semakin meningkat ketika pemakai rokok elektrik juga memiliki pola hidup yang tak sehat, stres, jarang olahraga dan tidak memiliki waktu istirahat cukup.

Penelitian yang dilalukan tim dari University of North Carolina menunjukkan jika rokok elektrik bisa menganggu kesuburan perempuan. Paparan dari zat kimia dari rokok ini bisa mempengaruhi ovarium dan kandungan perempuan.

Kathleen Caron, peneliti dari University of North Carolina mengatakan, "Kami menemukan jika penggunaan rokok elektrik selama kehamilan bisa memengaruhi kesehatan janin. Rokok elektrik juga menurunkan kesuburan perempuan. Efek zat pada rokok elektrik bisa memengaruhi tumbuh kembang janin bahkan hingga ia lahir dan tumbuh dewasa kelak."

Agar kesuburan dan kesehatan terjaga, penting bagi setiap orang untuk memiliki pola hidup sehat. Usahakan juga untuk menghindari konsumsi rokok tembakau maupun rokok elektrik.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Konsumsi Sayur dan Buah Rutin Bisa Meningkatkan Kesuburan
Artikel Selanjutnya
10 Cara Mudah Meningkatkan Kesuburan Perempuan