Sukses

Lifestyle

Usiamu Terus Bertambah tapi Belum Bisa Bahagiakan Orangtua? Ya, Kita Sama

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia kita, kita akan dihadapkan pada banyak hal baru. Ada hal-hal yang membahagiakan, tapi ada juga yang justru menghadirkan semacam rasa penyesalan. Usia kita terus bertambah, berbagai prioritas baru menguras energi dan waktu kita. Salah satu penyesalan yang mungkin terus membayangi hingga kini adalah kita belum juga bisa membahagiakan orangtua kita.

Dulu mungkin kita tak terlalu memperhatikan perubahan fisik yang terjadi pada orangtua kita. Tapi, kini setiap kali melihat dan menatap wajahnya, ada perasaan sedih yang menyelimuti. Melihat rambut ayah dan ibu yang semakin putih. Keriput mereka yang semakin bertambah. Serta kedua mata mereka yang tampak semakin lelah. Itu semua memberi semacam kesedihan sendiri di hati kita. Kita merasa belum benar-benar menjadi anak perempuan yang berbakti dan bisa membahagiakan kedua orangtua kita.

Kita Tak Pernah Bisa Membalas Semua Kebaikan Orangtua

Ya, kita sudah berusaha sebaik mungkin untuk membuat kedua orangtua kita. Tapi, selalu saja ada sesuatu yang rasanya kurang. Kita belum bisa benar-benar membuat mereka bahagia. Bahkan kita tak bisa membalas semua kebaikan yang mereka berikan pada kita. Jalan kita rasanya masih panjang untuk membalas semua kebaikan kedua orangtua kita.

Belum Semua Keinginan Mereka Bisa Kita Wujudkan

Orangtua kita mungkin memiliki harapan-harapan terbaik untuk kita. Mereka menginginkan beberapa hal bisa kita wujudkan. Entah itu keinginan agar kita segera menikah, mendapat karier yang lebih baik, atau agar kita bisa memiliki hidup yang lebih baik daripada mereka. Ada semacam kesedihan sendiri bila kita belum bisa mewujudkan keinginan-keinginan terbesar orangtua kita.

I love my mother as trees love water and sunshine. She helps me grow, prosper, and reach great heights. – Terry Guillemets

Kita Masih akan Terus Berusaha Melakukan yang Terbaik

Kita sama. Kita masih berjuang melakukan yang terbaik untuk membahagiakan kedua orangtua kita. Walau mungkin ada hal-ha yang terjadi di luar harapan dan keinginan kita, tapi kita akan terus berjuang melakukan yang terbaik untuk membahagiakan ayah dan ibu. Usia kita terus bertambah, pun kedua orangtua kita juga akan semakin menua. Bertambahnya usia adalah hal yang di luar kendali kita. Yang ada di dalam kendali kita adalah upaya kita dalam mengisi masa kini untuk masa depan yang lebih baik lagi.

Kita tak pernah tahu sampai kapan dan akan sejauh apa kita masih bisa menatap wajah kedua orangtua kita. Ya, saat ini kita memang belum sepenuhnya bisa membahagiakan kedua orangtua kita. Tapi setidaknya kita tak berhenti berusaha. Semoga kita selalu diberi kekuatan untuk bisa memberikan yang terbaik kepada kedua orangtua kita. Semoga orangtua kita juga senantiasa diberi kesehatan dan umur yang panjang.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Bukti Self-Love, Ini Pentingnya Ambil Cuti Sehari Setiap Bulan
Artikel Selanjutnya
Berhenti Menyalahkan Diri atas Semua yang Terjadi, Hidupmu Punya Arti