Sukses

Lifestyle

Makin Dewasa, Kenapa Perempuan Makin Mudah Cemas?

Fimela.com, Jakarta Makin bertambah usia, makin banyak hal yang harus kita kerjakan dan prioritaskan. Sejumlah tanggung jawab baru pun harus kita penuhi. Belum lagi dengan dinamika kehidupan yang memberi banyak tantangan. Rasanya semakin kita dewasa, kita jadi makin mudah merasa cemas.

Beberapa di antara kita pasti juga sedang berada di fase ini. Fase yang membuat kita mulai mempertanyakan banyak hal. Membuat kita memikirkan banyak hal bahkan sampai berlebihan. Mari coba kita telusuri lagi, sebenarnya apa penyebab utama kita makin mudah merasa cemas seiring dengan bertambahnya usia.

Terlalu Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Teman-teman kita tampak lebih sukses dan bahagia dalam hidup mereka. Ada yang sudah tampak begitu bahagia dengan anak dan keluarga mereka. Ada yang kelihatan sukses dalam karier mereka. Ada yang terlihat selalu bahagia di media sosial mereka. Bila kita terlalu berlebihan membandingkan diri kita dengan orang lain dengan cara yang tak sehat, dampaknya kita akan makin mudah merasa cemas. Kita merasa rendah diri dan merasa jadi orang yang paling buruk di dunia ini.

Belum Menemukan Tujuan Hidup

Pencarian tujuan dan makna hidup tampaknya akan jadi proses pembelajaran seumur hidup. Seiring bertambahnya usia, kita akan mulai makin sering mempertanyakan makna dan hakikat hidup. Kita ingin membuat hidup ini lebih berarti. Kita ingin merasakan kebahagiaan dan kenikmatan dalam menjalani hari-hari kita. Tapi selama kita masih kesulitan menemukan tujuan hidup itu, kita akan terus dihantui rasa cemas yang tak berujung.

Terlalu Keras pada Diri Sendiri demi Membahagiakan Semua Orang

Kita menetapkan standar yang tinggi untuk diri kita sendiri. Kita menuntut diri kita sendiri untuk bisa memuaskan dan membahagiakan semua orang. Padahal, tak semua hal ada dalam kendali kita. Ada banyak hal yang rasanya ingin kita raih tapi kita terlalu keras pada diri kita sendiri. Hal tersebut kemudian membuat kita jadi makin merasa takut akan banyak hal.

Untuk kembali membuat diri kita merasa lebih tenang dan tidak gampang cemas, kita akan selalu butuh waktu. Tak apa jika kita masih harus memilih proses yang pelan untuk membuat hati kita lebih nyaman. Adakalanya memang kita butuh proses sendiri untuk membuat kita bisa lebih berdamai dengan kehidupan yang kita jalani saat ini.

Semoga apa pun kesulitan yang sedang kita hadapi bisa segera diselesaikan dengan baik, ya. Jalani hari ini dengan sebaik-baiknya. Walau mungkin ada yang tak sesuai dengan harapan, setidaknya kita sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk segalanya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Dari Penghalau Stres sampai Bohemian Rhapsody, Hirup Aroma 3 Parfum dengan Inspirasinya yang Unik
Artikel Selanjutnya
Untuk Membahagiakan Orang Lain, Tak Perlu Terus Menyiksa Diri