Sukses

Lifestyle

Pilih Tujuan yang Tepat Biar Aman dan Nyaman Nikmati Liburan Halal

Fimela.com, Jakarta Mendapatkan rasa aman dan nyaman selama menjalani liburan halal wajib dijadikan prioritas utama. Sayangnya, hal ini terkadang membuatmu ragu untuk memilih tujuan traveling yang baru karena enggan berhadapan dengan kesulitan seperti tempat ibadah hingga mendapatkan makanan yang terjamin halal.

Jangan sampai kesempatan untuk mengenal berbagai budaya dan mendapat pengalaman berharga terhalang. Sebelum memesan tiket pesawat, kamu hanya perlu menentukan tujuan liburan halal yang tepat dengan mempertimbangkan beberapa faktor ini.

Ketersediaan Makanan Halal

Sebaiknya, sejak awal jadikan kemudahan untuk mendapatkan makanan halal sebagai prioritas sehingga bisa makan dengan nyaman dan tenang. Jangan sampai liburanmu terganggu karena kesulitan menemukan restoran yang menjual menu halal, terutama saat berlibur di luar negara dengan penduduk mayoritas non-muslim. Lakukan riset terlebih dahulu atau jika kepepet pertimbangkan membawa makanan instan atau camilan halal yang dapat menunda rasa lapar.

Kebebasan Beribadah

Keinginan mengunjungi negara-negara di Eropa maupun Amerika Serikat terkadang membuatmu ragu untuk mewujudkannya karena takut kesulitan mencari tempat beribadah. Namun akhir-akhir ini, banyak negara-negara Barat yang mulai mengembangkan wisata halal dan menjadi lebih Muslim-friendly. Walau jumlah masjid seringkali masih terbatas, cari informasi negara mana saja yang menyediakan ruang ibadah di antara fasilitas publik yang ada di bandara, pusat perbelanjaan, hingga hotel.

Hotel Halal

Jangan hanya sekadar menggunakan voucher hotel saja, tapi penting juga untuk mempertimbangkan apakah hotel yang dijadikan tempat menginap memiliki fasilitas yang dibutuhkan untuk liburan halal. Beruntungnya kamu saat menemukan pilihan hotel yang memiliki sertifikat halal untuk restorannya hingga menyediakan ruang khusus untuk beribadah bahkan perlengkapan untuk salat dan hidangan makanan halal. Apabila kesulitan menemukan hotel halal, coba pertimbangkan booking hotel atau penginapan yang terbukti profesional dan mampu menjaga keamanan dan kenyamanan para tamunya.

Pemilihan Moda Transportasi

Menggunakan angkutan umum saat menjelajah destinasi pilihan selama liburan halal memang dapat menghemat bujet. Tapi terkadang bayangan saat berdesak-desakan di dalam kereta atau bus kota yang sesak membuatmu enggan dan memilih memanggil taksi yang memasang tarif mahal.

Pertimbangkan juga pilihan moda transportasi yang dimiliki suatu negara atau kota yang dapat menjamin kenyamanan dan tentunya keamananmu. Selain itu, lakukan riset untuk mengetahui jam-jam sibuk sehingga dapat menaiki angkutan umum tanpa harus tergencet oleh kerumunan warga lokal.

Ada banyak negara yang kini masuk dalam daftar tujuan yang Muslim-friendly dan bisa dipilih sebagai destinasi liburan halalmu. Mulai dari Malaysia, Turki, hingga Singapura, kini banyak negara di seluruh dunia yang juga mulai melirik potensi wisata untuk menyambut wisatawan Muslim. Siap liburan dengan aman dan nyaman? (eth)

Loading