Sukses

Lifestyle

Makan Makanan Berserat Bisa Cegah Kanker, Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Makanan berserat terutama bisa didapat dari buah, sayur dan biji-bijian. Selama ini orang mungkin mengetahui bahwa makanan berserat paling baik berfungsi melancarkan pencernaan. Namun tak banyak yang tahu bahwa ternyata makanan berserat juga bisa mencegah kanker.

Serat sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk kelompok karbohidrat kompleks yang butuh waktu lama untuk dipecah dan dioleh oleh sistem pencernaan, namun justru proses pengolahan yang lama inilah yang menjadikan makanan berserat baik menjaga kesehatan.

Alasan Makanan Berserat Bisa Cegah Kanker

Namun bagaimana bisa serat mencegah kanker? Kemampuan serat dalam membuat perut penuh dan kenyang lebih lama ini akan didorong perlahan oleh usus dan dalam proses ini kotoran dan racun ikut serta dibawa keluar sehingga membersihkan saluran pencernaan, seperti dilansir dari Cancer Research UK.

Ketika serat bertemu dengan bakteri di dalam usus yang disebut butirat, ia akan bekerja lebih aktif menjaga usus sehat dan menurunkan risiko tumbuhnya sel-sel abnormal tumor maupun kanker. Serat dalam hal ini, terutama dapat mencegah kanker usus dan kanker lainnya yang menyerang sistem pencernaan.

Jadi, mulai rajin makan makanan serat mulai sekarang ya jika ingin mencegah kanker.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Benarkah Pemanis Buatan Bisa Picu Kanker? Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
Perut Gampang Lapar, Tanda Kamu Kurang Makan Serat