Sukses

Lifestyle

3 Alasan Logis Kenapa Susah untuk Tetap Berteman dengan Mantan

Fimela.com, Jakarta Masing-masing dari kita punya pandangan tersendiri soal apakah setelah putus dengan seseorang, kita tetap perlu berteman atau justru lebih baik menjaga jarak. Banyak yang menyarankan untuk tetap berteman dan menjaga hubungan baik dengan mantan. Namun, pada kenyataannya untuk bisa kembali berteman dengan mantan tak sesuai harapan.

Ada sejumlah alasan logis yang menyebabkan hal itu terjadi. Sejumlah psikolog dan pakar asmara pun bisa memberi penjelasan yang gamblang. Dilansir dari Why It's Hard To Stay Just Friends With An Ex, According To Experts via bustle.com, ada tiga alasan umum yang paling logis dan membuat kita kesulitan untuk berteman dengan mantan. Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Ikatan yang Pernah Terbentuk Sangat Kuat

Ada ikatan romantis yang sudah terbentuk dalam sebuah hubungan. Ketika hubungan berakhir, kita akan merindukan ikatan yang pernah membuat kita merasa stabil. "Kita mulai membangun ikatan dengan orangtua kita pada saat kita dilahirkan," papar Dr. Anna Hiatt Nicholaides, Psy.D., seorang psikolog klinis berlisensi. Ikatan yang sama pun akan terbentuk dengan pasangan dalam sebuah hubungan romantis. Bila mantan pernah membuat kita merasa dicintai dan diinginkan, kita bisa kembali merindukan hal tersebut dan membuat kita kesulitan untuk hanya sekadar menjadi teman dengannya.

 

 

2. Luka yang Masih Belum Sembuh

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology menemukan bahwa butuh waktu setidaknya tiga bulan bagi seseorang untuk bisa melupakan mantan. Tergantung dari lamanya hubungan yang pernah terjalin dan seberapa kuat kedekatan yang pernah ada, waktunya bisa lebih lama dari itu. Rasanya akan sulit untuk memaksakan diri berteman dengan mantan bila luka yang dirasakan masih baru dan belum sembuh.

3. Diam-Diam Ingin Balikan

Dr. Sanam Hafeez, seorang ahli neuropsikologi memaparkan bahwa pasangan dari hubungan yang putus dengan baik-baik pun membutuhkan waktu yang bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk benar-benar pulih. Bila diam-diam kita masih berharap bisa balikan dan kembali menjalin hubungan dengan mantan, maka upaya untuk berteman dengannya malah akan jadi siksaan tersendiri. Jika memang ingin sekadar berteman dengan mantan, maka penting untuk benar-benar jujur dengan perasaan dan apa yang kita inginkan.

Tidak semua orang bisa dengan mudahnya tetap berteman dengan mantan. Bila dirasa kita masih butuh waktu lebih lama untuk menjaga jarak dari mantan, tak apa. Setiap orang punya cara dan prioritas sendiri dalam hidupnya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading