Sukses

Lifestyle

3 Tips Merawat Cobek Batu Agar Tak Bau Bumbu

Fimela.com, Jakarta Cobek adalah salah satu alat dapur yang pasti banyak dimiliki keluarga di Indonesia. Cobak umumnya digunakan untuk menghaluskan bumbu dapur atau membuat sambal. Karena seringkali bumbu-bumbu dapur memiliki aroma yang kuat, seringkali cobek batu memiliki bau yang berbagai macam.

Ketika ingin menggunakannya, bau ini seringkali mengganggu dan bahkan bisa merusak cita rasa masakan yang akan diolah. Nah, tak mau hal ini terjadi kan, ini caranya merawat cobak batu agar tak meninggalkan bau bumbu.

1. Jeruk nipis atau lemon

Setelah menggunakannya, pastikan membersihkan cobek batu dengan perasan jeruk nipis atau lemon. Cara ini efektif menghilangkan bekas bau bumbu yang tertinggal. Gosok dengan kulitnya saat melumuri dengan air perasan jeruk. Biarkan 10 menit setelah itu bilas dan cuci seperti biasa.

2. Baking soda

Larutkan sedikit baking soda dengan air dan gosok menggunakan sikat gigi bekas atau sikat cuci piring menyeluruh pada permukaan cobek. Diamkan selama 5 menit sebelum dibilas dan cuci dengan sabun cuci piring.

3. Dijemur

Setelah mencuci bersih dan menyikat cobek batu dari sisa bumbu yang diulek, jemur cobek batu di bawah terik matahari untuk menghilangkan baunya secara alami. Cara ini juga membantu cobek batu tidak berjamur.

Itu dia cara agar cobek batu tidak bau bumbu dan bisa digunakan kapan pun tanpa bau.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading