Sukses

Lifestyle

Mengenal Perbedaan Asuransi dan Tabungan Pendidikan

Fimela.com, Jakarta Mungkin Sahabat FIMELA adalah salah satu orangtua yang bingung menyiapkan dana pendidikan untuk anak. Ada dua jenis produk untuk menyiapkan dana pendidikan yaitu berupa tabungan dan asuransi. Keduanya sama-sama baik. Namun tahukah mom, jika tabungan dan asuransi pendidikan adalah dua hal yang berbeda?

Banyak yang menganggap keduanya sama saja, padahal keduanya memiliki tujuan dan kinerja yang berbeda. Asuransi pendidikan merupakan unit link yang kinerjanya dipengaruhi oleh investasi dari produk asuransi utama yang dibeli. Berbeda dengan tabungan pendidikan yang konvensional, nasabah hanya menabung dalam jumlah tertentu kemudian mendapatkan bunga tertentu dan dana dapat ditarik sesuai kesepakatan pihak bank dan nasabah.

Lalu mana produk dana pendidikan yang sesuai untukmu? Simak perbedaannya di bawah ini, karena setiap orang memiliki risiko keuangan yang berbeda.

Asuransi Pendidikan

Seperti yang dijelaskan di atas, asuransi pendidikan merupakan produk unit link dari instrumen investasi utama yang dipilih. Besarnya keuntungan yang didapat dari asuransi pendidikan ini sangat tergantung dengan kinerja investasi yang dipilih. Kinerjanya sangat dipengaruhi oleh situasi pasar.

Asuransi pendidikan memiliki proteksi yang lebih banyak, mulai dari asuransi jiwa hingga asuransi kesehatan. Asuransi pendidikan digunakan sebagai tabungan jangka panjang, waktunya hingga 10 tahun. Karena sifatnya jangka panjang, maka bunga yang didapat pun lebih tinggi dibanding tabungan biasa.

Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan sangat cocok untuk yang merencanakan dana pendidikan jangka pendek. Bunga yang diberikan tidak terlalu besar. Berbeda dengan asuransi pendidikan, tabungan pendidikan hanya memiliki satu manfaat asuransi yaitu asuransi jiwa saja.

Nah, demikian perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan. Keduanya memiliki manfaat yang berbeda. Yuk, pilih yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhanmu. Memilih produk yang tepat akan membantumu untuk mendapatkan proteksi untuk menyiapkan masa depan anak. Semoga bermanfaat.

#GrowFearLess with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Pelatihan Literasi Keuangan untuk Para Perempuan
Artikel Selanjutnya
Industri Asuransi Syariah di Indonesia Semakin Meningkat