Sukses

Lifestyle

Bahaya, Duduk Terlalu Lama Bisa Ubah Bentuk Jantung Menurut Penelitian

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar orang yang bekerja di kantor melakukannya dengan duduk. Duduk saat bekerja memang sudah menjadi hal yang biasa, namun juga memberikan risiko besar terhadap kesehatan tubuh, tidak terkecuali jantung.

Sebagai dari kita mungkin sudah sadar bahwa terlalu lama duduk saat bekerja bahaya untuk kesehatan, mulai dari risiko kegemukan, tekanan darah tinggi hingga, diabetes hingga penyakit jantung. Namun tak banyak yang tahu, bahwa sebelum penyakit jantung muncul, bentuk jantung itu sendiri sebenarnya mengalami perubahan.

Sebuah penelitian yang diterbutkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) menunjukkan adanya perubahan bentuk jantung yang gemuk karena kebiasaan duduk yang lama. Duduk terlalu lama membuat bentuk jantung membulat.

Terlalu Lama Duduk = Bentuk Jantung Bulat

Peneliti mencoba mengelompokkan 160 partisipan pria dengan berbagai profesi, seperti olahragawan, petani hingga pekerja kantor. Olahragawan dan petani memiliki ventrikel dan dinding jantung yang tipis berotot menyesuaikan aktivitas fisik mereka yang padat, apalagi mereka yang sering melakukan latihan endurance.

Namun untuk pekerja yang terlalu lama duduk, ventrikel jantung lebih tebal dan pendek karena tidak banyak aktivitas fisik. Hal inilah yang kemudian memicu timbulnya penyakit.

Jadi, jika ingin jantung tidak membulat atau gemuk, jangan terlalu lama duduk ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading