Sukses

Lifestyle

Menebak Kepribadian Seseorang dari Caranya Membelanjakan Uang

ringkasan

  • Untuk Melancong (Traveling)
  • Untuk Makan-Makan di Luar
  • Disisihkan Sebagian untuk Ditabung

Fimela.com, Jakarta Untuk mengetahui kepribadian seseorang, terkadang prosesnya bisa begitu kompleks. Dari satu aspek, kita mungkin hanya bisa mengungkap satu lapis dari berbagai lapisan yang tersembunyi dari karakter seseorang. Kali ini kita akan mencoba mengungkap kepribadian seseorang dari aspek caranya membelanjakan uang. Ada studi yang menarik juga terkait hal ini.

Cara kita membelanjakan uang bisa mengungkapkan sebuah sisi karakter kita. Dilansir dari mindbodygreen.com, dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Psychological Science, para peneliti menganalisis lebih dari 2 juta catatan belanja dari sedikitnya 2.000 orang untuk mencari tahu apakah orang dengan tipe kepribadian tertentu punya kebiasaan tertentu dalam membelanjakan uangnya. Para ilmuwan sosial menghabiskan waktu berminggu-minggu menganalisis catatan belanja itu dan memberi tes kepribadian pada masing-masing partisipan. Setelah melakukan hal tersebut mereka menemukan sesuatu yang unik. Setiap orang membelanjakan uang untuk materi, seperti makanan dan rumah, tapi uang yang kita belanjakan untuk hal-hal yang sifatnya sekunder yang bisa mengungkapkan prioritas unik kita.

Berikut ini lima hal dalam membelanjakan uang yang dapat mengungkapkan sisi unik kita. Coba, kita lihat satu per satu.

1. Untuk Melancong (Traveling)

Sering menghabiskan uang untuk memesan tiket untuk melancong? Atau mungkin selalu menyiapkan dana khusus untuk liburan dan melancong? Bisa jadi kita memiliki kepribadian yang terbuka dan selalu menyukai pengalaman-pengalaman baru.

2. Untuk Makan-Makan di Luar

Orang yang cenderung menghabiskan banyak uang untuk kebutuhan makan-makanan atau minum-minum di luar cenderung punya temperamen ekstrover. Terlebih jika hal ini dilakukan sebagai bagian dari kegiatan bersosialisasi.

 

 

3. Disisihkan Sebagian untuk Ditabung

Sangat berhati-hati adalah karakter yang cukup menonjol dari orang yang punya kebiasaan selalu menyisihkan uang untuk ditabung. Lebih bertanggung jawab dan cermat dalam menggunakan uang. Berpikir jauh ke depan untuk masa depan yang lebih baik dengan lebih teliti dalam membelanjakan uang.

4. Untuk Didonasikan

Berdonasi secara rutin kerap dikaitkan dengan kepribadian yang baik dan ramah. Ya, untuk hal ini sudah sangat jelas, ya.

5. Untuk Hal-Hal yang "Lucu"

Ini nih yang mungkin jadi kebiasaan dari sebagian kita. Setiap kali melihat sesuatu yang "lucu" seperti perhiasaan atau baju, kita langsung membelinya. Kebiasaan membelanjakan uang untuk hal-hal yang sebenarnya kurang penting sering dikaitkan dengan kepribadian yang mudah gelisah, kerap berpikir negatif, dan suka menyendiri.

Tentu saja masih ada aspek lain yang perlu dilihat untuk mengungkap kepribadian seseorang secara utuh. Namun, cukup menarik juga untuk menebak sisi kepribadian seseorang dari caranya membelanjakan uang. Satu hal yang tak kalah penting di sini adalah kita tetap perlu memiliki kemampuan untuk mengatur uang dan finansial kita sebijak mungkin agar hidup lebih sejahtera.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Selalu Bilang Baik-Baik Saja, 4 Zodiak Ini Suka Sembunyikan Masalahnya
Artikel Selanjutnya
Jago Menyelidiki, 3 Zodiak Ini Paling Cocok Jadi Detektif!