Sukses

Lifestyle

Upaya Bekraf dalam Menguatkan Ekosistem Ekonomi Kreatif Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sebanyak 1200 kegiatan ditangani oleh Bekfraf selama 2019 untuk mengangkat ekonomi kreatif Indonesia. Seluruh kegiatan tersebut tersebar di dalam dan luar negeri berkejasama dengan berbagai pihak. Selama satu tahun terkahir ini Bekraf telah menyelenggarakan berbagai program menarik dengan animo yang cukup besar.

Di antaranya, Orbit, SCARA, LOCK, Create, IKKON, Docs by The Sea, BIGGER, BEACON, Bekraf Creative Labs, Bekraf Developer Day, Bekraf for Pres Stratup, Kelas Keuangan, dan masih banyak lagi. 

Tak hanya itu, ada pula upaya monetisasi produk kreatif melalui program Katapel, Indentities, Food Starup Indonesia, Go Starup Indonesia, Kreatifood dan mengikutsertakan pelaku kreatif dalam ajang international.

"Bekraf secara aktif menyelenggarakan berbagai program pengembangan kompetensi SDM di berbagai subsektor ekonomi kreatif yang tersebar di seluruh Indonesia. Peningkatan kualitas SDM ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan industri di era.4.0," ungkap kepala Bekraf Triawan Munaf, pada hari Jumat (27/9/2019) dalam acara media gathering bertajuk Bincang Bareng Bekraf.

Beragam upaya juga dilakukan oleh Bekraf guna menguatkan ekosistem ekonomi kreatif. Seperti program sosialisasi Rindekraf, Bantuan Pemerintah, Satu Pintu, hingga travel grant yang ada di tingkat nasional. Sedangkan di tingkat regional dan internasional, melalui program ASEAN Regional Workshop on Creative Economy, Asia Content Business Summit 2019 dan Friends of Creative Economy (FCE).

Bekraf Festival 2019

Berbagai upaya dalam penguatan ekosistem kreatif akan ditampilkan dalam acara Bekraf Festival 2019. Ajang ini akan diselenggarakan pada tanggal 4-6 Oktober 2019 mendatang di Benteng Vastemburg, Solo Jawa Tengah. Acara ini akan diisi dengan talk-show, workshop dan seminar dengan topik pengembangan sumber daya manusia. Mengusung tema "Kita, Kaya, Karya" Bekraf Festival 2019 juga akan berkolaborasi dengan pengrajin lokal dan menampilkan beragam produk kreatif.

 
Loading