Sukses

Lifestyle

Followers Bukan Syarat, Kenali 3 Trik Bangun Engagement di Situs Jejaring Sosial

Fimela.com, Jakarta Social network sites atau situs jejaring sosial bukan hanya sekadar wadah untuk saling berinteraksi dengan seluruh orang di dunia lewat dunia maya. Lebih dari itu, salah satu jejaring sosial yang paling banyak digunakan orang Indonesia, Twitter, memiliki peran penting dalam demokrasi di Tanah Air. 

Menurut Managing Director of South East Asia Twitter, Arvinder Gujral, para pengguna Twitter bukan hanya sekadar saling berinteraksi dan menyatakan aspirasi rakyat kepada pemerintah dengan cara yang baru dan modern di era digital. Namun, aplikasi jejaring sosial ini juga berperan sebagai telinga untuk mendengar, mulut untuk menyebarkan inspirasi, aspirasi, dan perjuangan, serta adanya keterlibatan antar penggunga dan pengguna lainnya. 

"Twitter digunakan untuk mencari dan berbagi informasi sekaligus terhubung dengan masyarakat dan komunitas. Twitter itu sangat istimewa. Karena ada engagement, influence, dan orang-orang (penggunanya) bukan hanya menyebarkan informasi tetapi juga mendengarkan informasi dan ide yang disebarkan pengguna lain," katanya pada acara LIFE on Twitter pada Kamis (26/9). 

Selain menjadi ruang bagi masyarakat dan komunitas untuk saling berinteraksi, keistimewaan Twitter juga terletak pada orang-orang yang menggunakannya. Menurut Veriyanta Kusuma, Head of Community and Social Marketing Traveloka, orang-orang yang berada di Twitter sangat genuine dalam memberikan pendapat, pujian terhadap sesuatu, bahkan keluhan. 

Berbicara mengenai para penggunanya, anak-anak muda ternyata menjadi mayoritas pengguna jejering sosial dengan logo burung putih ini. Leo Wirenda, Client Partner Twitter mengatakan 45% dari mereka membuka Twitter setiap hari. Nah, di antaranya, ada beberapa pengguna Twitter yang menonjol. Mereka biasanya disebut sebagai Seleb Twit. Followers atau pengikutnya pastilah ada banyak. Tweet yang mereka bagikan pun mendapatkan engagement luar biasa. Namun, di Twitter, bukan hanya Seleb Twit yang mampu menyebarkan pengaruh dan didengar suaranya oleh jutaan pengguna Twitter di dunia. 

 

Engagement Tinggi Tanpa Followers yang Banyak

Agung Yudha, Chief Representative & Head of Public Policy Indonesia di Twitter mengatakan followers ternyata tidak berpengaruh banyak untuk menciptakan sebuah engagement yang tinggi. Menurutnya, Twitter merupakan townhall. Artinya, apa saja ada di sana. Baik berita, soal budaya, humor, hingga soal olahraga. Di tengah begitu banyaknya pengguna Twitter, bagaimana caranya biar bisa kelihatan, baik saat menyebarkan informasi atau influence banyak orang? 

Karena followers bukan syarat, ada 3 hal yang bikin kamu dilihat oleh pengguna Twitter. Pertama, melakuakan broadcast secara aktif. Atau, bisa juga menjalin obrolan atau percakapan, atau diskusi dengan pengguna lainnya. Terakhir, kamu bisa membangun natural home for the topic. 

Misalnya, kamu ingin banyak orang aware dan 'mendengarkan' lebih banyak informasi soal sejarah. Historia.id merupakan salah satu akun Twitter yang banyak orang kunjungi untuk tahu soal sejarah. Intinya, kamu harus menentukan dan menciptakan personamu sendiri yang sesuai dengan apa yang kamu broadcast di Twitter. 

Jangan lupa juga untuk menggunakan berbagai fitur yang ada Twitter. Pasalnya, kata-kata saja kadang kurang menarik perhatian. Pengguna Twitter, kata Agung, lebih tertarik dengan tweet yang disertakan dengan polling dan media. Karena itu, Sahabat Fimela bisa menggunakan foto, video, Gifs, movements, galeri, Live, dan website cards. Selamat nge-tweet, ya!

#Growfearless with FIMELA

Loading