Sukses

Lifestyle

Makrame, Teknik Rajut untuk Interior Hasil Akulturasi dari Budaya Arab

ringkasan

  • Indonesia hadir dalam pameran interior internasional di Dubai.
  • Viro sebagai perwakilan tunggal Indonesia menghadirkan inspirasi rajut yang merupakan hasil akulturasi dari budaya Arab.

Fimela.com, Jakarta Inspirasi interior selalu dinantikan oleh masyarakat. Kamu bisa mengambil ide dan inspirasii dari pameran interior dan dekorasi. Yang terbaru, perusahaan interior asal Indonesia Viro berhasil menjadi perwakilan tunggal dari Indonesia di pameran interior terbesar di Timur Tengah dan Afrika, Dubai Leisure Show 2019.

Viro menghadirkan berbagai ide interior menarik bertajuk The Nusantara Coasts dengan menampilkan teknik kerajinan Makrame yang merupakan hasil akulturasi budaya Arab yang telah menjadi bagian tradisi Indonesia.

Viro, perusahaan penyedia solusi-solusi material inovatif untuk desain arsitektural dan interior, memanfaatkan teknik MAKRAME, kerajinan teknik merajut yang diketahui berasal dari Arab dan telah diakulturasi oleh budaya Indonesia sehingga menjadi bagian dari tradisi di beberapa daerah di nusantara, khususnya di bagian pesisir.

“Sebagai negara bahari, Indonesia memiliki kekayaan laut yang sangat berharga dan tak ternilai. Guna mempromosikan keindahan alam dan memperkenalkan keunikan budaya dari Tanah Air ke kancah internasional, kami memutuskan untuk memodifikasi konsep yang sebelumnya telah kami tampilkan di CASA Indonesia berupa teknik rajutan,” kata Johan Yang Executive Vice President PT Polymindo Permata yang dinaungi Viro.

Berada di dalam kategori sektor Furnitur Luar Ruang, Viro bekerja sama membangun booth “The Nusantara Coasts” bersama desainer interior ternama Kezia Karin dari KEZIA KARIN Studio. Tema The Nusantara Coasts ini berangkat dari kepedulian Viro terhadap isu sampah plastik sekali pakai yang cukup mengganggu ekosistem laut Indonesia yang sangat kaya.

 

Teknik Makrame dalam interior

Keindahan bahari Indonesia ini ditampilkan dalam kerajinan simpul Makrame dari serat-serat eco faux Viro yang tidak hanya indah, namun juga sangat kuat dan tahan segala cuaca. Sehingga cocok untuk penggunaan luar ruang dengan cuaca ekstrem seperti di kawasan Timur Tengah dan Afrika.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Viro dapat mewakili Indonesia dalam pagelaran The Leisure Show 2019 ini. Kami harap melalui pagelaran ini, masyarakat internasional semakin menyadari keindahan yang dimiliki oleh Indonesia dan mempercayai produk-produk buatan anak negeri,” tambah Johan.

 

Target pasar ke Timur Tengah dan Afrika Utara

Selain aktif berpartisipasi dalam pameran dagang, Viro jugamendirikan kantor perwakilan di Dubai untuk terus membidik pangsa pasar di Kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara yang saat ini berkontribusi sebesar 25 persen dari total keseluruhan jumlah ekspor perusahaan.

#GrowFearless with Fimela

;
Loading