Sukses

Lifestyle

Cara Mudah Mencuci Minyak Membandel di Wajan

Fimela.com, Jakarta Memasak dengan cara menggoreng adalah hal yang disukai oleh hampir semua orang. Masakan yang dimasak dengan cara digoreng memiliki cita rasa yang begitu menggugah selera dan enak. Masakan dengan cara digoreng juga terasa lebih gurih.

Namun sayangnya, saat memasak dengan cara menggoreng kita sering mendapati minyak sisa penggorengan menempel di wajan secara membandel. Minyak yang tersisa di wajan dan tidak dibersihkan dengan benar akan membuat wajan rentan lengket.

Untuk membersihkan sisa minyak membandel di wajan, Fimela punya beberapa cara mudahnya. Penasaran bagaimana caranya?

Membersihkan Minyak Membandel di Wajan

Rendam dengan Air Panas

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah merendam wajan dengan air panas. Merendam wajan dengan air panas akan membantu mengangkat minyak yang menempel di wajan dengan mudah. Merendam wajan kotor dengan air panas akan membuat minyak cepat cair sehingga mudah untuk dibersihkan.

Rendam dengan Sabun Cuci Piring

Selain merendam wajan dengan air panas, merendam wajan dengan sabun cuci piring juga akan membuat minyak cepat cair dan mudah dibersihkan. Air sabun bermanfaat meluruhkan sisa lemak atau minyak di wajan. Jika noda wajan sangat tebal, rendam wajan dengan air sabun cuci piring dalam waktu cukup lama kira-kira selama satu hingga dua jam.

 

Manfaatkan Bahan Bersifat Asam

Bahan bersifat asam seperti air jeruk nipis, air asam dan air cuka bisa bermanfaat mengangkat lemak dan minyak membandel di wajan. Tambahkan bahan asam di sabun cuci piring untuk membersihkan wajan.

Itulah beberapa cara yang dilakukan untuk mencuci minyak membandel di wajan atau peralatan dapur lainnya. Agar minyak di wajan tidak semakin membandel, usahakan agar segera mencuci wajan yang selesai digunakan untuk memasak. Semakin cepat wajan dicuci atau dibersihkan setelah digunakan memasak, akan semakin cepat pula noda atau kotorannya terangkat.

Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Agar Nasi Putih Punya Rasa Gurih, Masak dengan Kaldu Ayam
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Tak Boleh Terlalu Lama Menyimpan Ayam Mentah yang Sudah Dibumbui