Sukses

Lifestyle

FIMELA FEST 2019: Ingin Sehat Fisik dan Mental, Belajarlah Baik Pada Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Baik pada diri sendiri itu terkadang mudah dikatakan namun tak mudah diterapkan. Umumnya kita lebih sering mengkritik diri sendiri dan merasa tak pernah bisa melakukan hal dengan benar. Kita tak sadar bahwa kita sedang menyakiti kesehatan fisik dan mental.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Psychological Science menemukan bahwa baik pada diri sendiri dengan cara menunjukkan self-love memiliki banyak manfaat kesehatan fisik maupun mental.

Penelitian yang dilakukan di University of Exeter dan Oxford ini menunjukkan bahwa rasa cinta pada diri sendiri mampu melatih detak jantung lebih lambat atau teratur sehingga tidak merusak sistem imunitas tubuh. Detak jantung yang lambat mampu menurunkan berbagai risiko penyakit, terutama yang berhubungan dengan jantung.

 

Baik Pada Diri Sendiri Membuatmu Sehat Fisik dan Mental

Partisipan sebanyak 135 orang melakukan uji coba denyut jantung setelah melakukan aktivitas fisik dan peneliti bertanya tentang apa yang mereka rasakan, apa yang mereka rasakan pada orang dan pada diri sendiri.

Hasilnya, orang yang mampu mencintai dirinya sendiri dan bersikap baik pada diri sendiri memiliki denyut jantung lebih stabil, rileks dan memiliki tingkat stres lebih rendah.

Dr Anke Karl selaku peneliti juga menyebutkan bahwa penelitian ini membantu orang untuk memahami mekanisme unik perlakuan baik pada diri sendiri terhadap kesehatan psikologi. Jadi ladies, jika ingin sehat fisik dan mental, belajarlah mencintai dan baik pada diri sendiri dulu.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Untuk Membahagiakan Orang Lain, Tak Perlu Terus Menyiksa Diri
Artikel Selanjutnya
Belajar Optimis dan Tidak Khawatir, Mulai Setiap Hari dengan Lakukan Ini