Sukses

Lifestyle

Gampang Mengantuk? Bisa Jadi Penyebabnya karena Kebiasaanmu Ini

Fimela.com, Jakarta Mengantuk merupakan sinyal kita butuh waktu untuk segera tidur. Ini adalah proses alami, tapi kalau seharian terus mengantuk, hm... sepertinya ada yang perlu diperbaiki. Kondisi gampang mengantuk bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah karena pola tidur kita sendiri.

Kurang tidur pada malam hari bisa membuat kita gampang mengantuk pada siang hari. Dilansir dari verywellhealth.com, kebiasaan tidur yang buruk bisa jadi penyebab kita gampang mengantuk. Pola tidur yang buruk menjadi salah satu penyebab paling umum kita mudah mengantuk pada siang hari.

 

Pola tidur yang buruk ini bisa meliputi:

1. Tidak mendapat waktu tidur yang cukup sesuai kebutuhan.

2. Sengaja melewatkan atau mengurangi waktu tidur karena pekerjaan.

3. Tidur di lingkungan yang kurang kondusif, seperti tidur dengan membiarkan televisi menyala sepanjang malam.

4. Minum kafein atau alkohol menjelang waktu tidur.

5. Tidur pada jam yang tidak teratur.

Pola tidur dan kebiasaan tidur yang buruk bisa menyebabkan kita mudah mengantuk pada siang hari. Mengantuk berlebihan bisa memberi dampak signifikan terhadap kesehatan kita. Bisa memengaruhi keseimbangan hormon hingga membuat berat badan gampang naik. Insomnia juga bisa berhubungan langsung dengan kecemasan dan depresi.

Memiliki kebiasaan tidur yang tidak teratur dan disertai dengan tidak mendapat lingkungan atau suasana yang kondusif untuk tidur bisa membuat kita gampang mengantuk. Dengan rutinitas atau kesibukan yang padat, memang tak mudah untuk mengatur jadwal dan waktu tidur yang lebih teratur. Namun, tidur yang cukup dan berkualitas tetaplah kita butuhkan untuk bisa menjalani aktivitas dengan lebih produktif.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mendengarkan Musik Bermanfaat Mengatasi Masalah Ganguan Tidur
Artikel Selanjutnya
Susah Bangun Pagi? Lakukan 4 Cara Ini Agar Bebas dari Kesiangan