Sukses

Lifestyle

Pemanis Buatan, Sebenarnya Naikkan atau Turunkan Berat Badan?

Fimela.com, Jakarta Jika dibandingkan gula, pemanis bautan diklaim lebih aman untuk tubuh. Itulah mengapa, banyak produsen makanan lebih sering menggunakan pemanis bautan untuk produk makanan manis yang merea pasarkan.

Namun bagaimana efeknya untuk berat badan? Karena banyak orang yang diet mengganti gula dengan pemanis buatan jika ingin tetap makan makanan manis. Apakah kira-kira pemanis buatan sama efeknya dengan gula terhadap berat badan?

Beberapa penelitian seperti yang dimuat dalam jurnal PubMed Central Neuroimage dan Curr Pharm Des menemukan bahwa pemanis buatan lebih rendah kalori daripada gula sehingga tidak berisiko menaikkan berat badan.

Pemanis Buatan Tidak Menaikkan Berat Badan

Meski penelitian lain yang diterbitkan dalam NCBI Yale Journal of Biology and Medicine menunjukkan bahwa pemanis buatan akan menaikkan nafsu makan dan keinginan lebih besar minum minuman manis.

Namun banyak penelitian seperti misalnya yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior menyebutkan bahwa pemanis buatan tidak meningkatkan rasa lapar/nafsu makan dan asupan kalori. Dapat disimpulkan bahwa pemanis buatan tidak menaikkan berat badan.

Jadi jika diet tapi masih ingin merasakan makanan dan minuman manis, menambahkan pemanis buatan ke dalam makanan tidak akan masalah, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Benarkah Pemanis Buatan Bisa Picu Kanker? Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
Apakah Pemanis Buatan Tingkatkan Risiko Diabetes? Ini Faktanya