Sukses

Lifestyle

Cara Menghindari Kebiasaan Makan Saat Stres

Fimela.com, Jakarta Di tengah tekanan pekerjaan yang berat, tubuh dan pikiranmu tentu akan stres. Bagi kebanyakan orang. makan menjadi salah satu cara menghilangkan stres.

Beberapa jenis makanan memang dikenal ampuh untuk mengurangi tingkat stres. Seperti makanan manis dan sarat karbohidrat. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan tentu akan menjadi tidak sehat bagi tubuh karena tidak seimbang.

Sehingga dibutuhkan strategi untuk menghindari makanan yang tidak sehat ketika stres, melansir dari Purewow pada Rabu (9/10/2019).

1. Apakah benar-benar lapar

Sebelum kamu makan, perlu disadari apakah kamu sebenarnya benar-benar lapar atau hanya karena emosi. Ini yang akan menyadarkan dan meyakinkan diri bahwa kamu butuh makan atau tidak.

2. Meditasi

Selain makanan, rutinitas seperti meditasi bisa menjadi sarana untuk mengubah keadaan pikiran kita. Latihan meditasi selama beberapa menit cukup efektif untuk mengurangi stres sekaligus menjaga tubuh untuk mengurangi kebiasaan makan karena stres.

 

 

3. Istirahat

Istirahat sejenak bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres. Berjalan keluar rumah atau sekeliling kantor akan mengubah fisiologi yang memberikan efek langsung pada pikiran kita.

4. Mengonsumsi makanan nabati

Jangan beralih ke junk food jika kamu benar-benar butuh makan. Selama masa stres yang tinggi, disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan atau alpukat untuk menjaga energi tetap tinggi.

5. Pastikan tidur cukup

Kebiasaan makan akibat stres cenderung turun jika kamu mendapatkan tidur yang cukup. Ketika tidak cukup tidur, tubuh menjadi tidak seimbang, kadar kortisol akan naik dan keinginan untuk memuaskan hasrat makan akan semakin tinggi.

 

6. Hidrasi diri

Minum banyak air selalu penting. Terutama ketika sedang stres. Terkadang kita merasa lelah atau lapar karena kita mengalami dehidrasi. Daripada minum minuman yang manis, lebih baik minum air putih yang menenangkan.

7. Berbaik hati dengan diri sendiri

Jika bukan dirimu, siapa lagi? Kontrol emosional tentu ada pada diri sendiri. Sehingga penting untuk bersikap lembut dengan diri sendiri. Mencoba untuk tidak selalu menyalahkan diri sendiri.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Stres Berat Bisa Menimbulkan Sakit Perut, Ini Alasannya!
Artikel Selanjutnya
Aroma yang Dapat Membantumu Mengatasi Kecemasan dan Stres