Sukses

Lifestyle

Komunitas Sehat Ini dapat Mengurangi Penyakit Tidak Menular, Intip Fasilitasnya

Fimela.com, Jakarta Penyakit tidak menular (PTM) disebabkan oleh pola makan yang buruk, aktivitas fisik yang kurang dan penggunaan tembakau. Namun, menurut World Health Organization (WHO) PTM meningkat selama dua dekade terakhir dan saat ini telah mencapai 73% dari total kematian pada tahun 2016. 

Institute of Metrics and Evaluation (IHME), 2018, mengatakan kematian dan kecacatan akibat diabetes (salah satu yang paling umum dari PTM di seluruh dunia) juga telah meningkat sebesar 38,5% antara 2006 - 2016, menyebabkan meningkatnya beban negara pada sistem kesehatan nasional.

Untuk mengurangi penyakit tidak menular Herbalife Nutrition Indonesia bersama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan peluncuran program Komunitas Sehat yang diselenggarakan di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat. Peluncuran program ini dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla bersama dengan jajaran perwakilan pemerintah dan berbagai pihak swasta lainnya.

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi, mengatakan program ini selaras dengan komitmen Herbalife Nutrition Indonesia yang bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat dan aktif.  

Herbalife Nutrition Indonesia bekerjasama dengan TNP2K sejak 2017 sebagai sponsor program Indonesia Mampu (pencegahan diabetes dan hipertensi) dengan tujuan mendorong perubahan positif di dengan harapan masyarakat mendapat dampak positif dari kehadiran program tersebut.

 

Program Komunitas Sehat

Dalam setahun ke depan, Program Komunitas Sehat ditujukan untuk berkontribusi mengatasi permasalahan PTM di Indonesia dengan mengembangkan Pusat Penelitian di berbagai kampus di Indonesia dengan menyediakan fasilitas diantaranya:

• Melatih dan mengedukasi karyawan untuk menjalankan program harian

• Mengembangkan sistem dan aplikasi untuk melakukan pendataan dan analisa data

• Pemeriksaan kesehatan dasar• Mengedukasi 3.000 partisipan di komunitas untuk pencegahan TPM

• Mempromosikan gaya hidup sehat 

“Keterlibatan pihak swasta dalam skema Public Private Parnership (PPP)/Kerjasama Swasta dan Pemerintah menjadi penting karena dengan dukungan finansial serta keahlian yang dimiliki daoat berkontribusi nyata terhadap program pemerintah. Herbalife Nutrition contohnya secara periodik melibatkan ahli nutrisi perusahaan dan ilmu pengetahuan untuk melakukan insiatif edukasi tentang isu seputar kesehatan di indonesia dan Asia Pasifik,” ujar Andam Dewi. 

TNP2K dibentuk sebagai wadah koordinasi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan di tingkat pusat yang diketuai Wakil Presiden Republik Indonesia, dengan tujuan untuk menyelaraskan berbagai kegiatan percepatan penanggulangan kemiskinan. Selain itu, program ini bertujuan untuk memperluas program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit tidak menular melalui kemitraan dengan dunia usaha.

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading