Sukses

Lifestyle

6 Cara Mudah Atasi Kantuk di Kantor Setelah Makan Siang

Fimela.com, Jakarta Istilah "Makan Terus Ngantuk" memang benar adanya. Setiap kali habis makan, terutama makan siang, tubuh akan terasa lebih lamban dan rasa kantuk mulai muncul.

Rasa kantuk setelah makan merupakan respons tubuh terhadap perubahan kimia selama proses pencernaan. Ini memang normal dialami semua orang. Namun ketika berada di kantor, kamu bisa mengatasi rasa kantuk setelah makan siang dengan cara berikut ini.

1. Tidur nyenyak di malam hari

Tubuh perlu mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari. Tidur antara tujuh hingga delapan jam setiap malam penting dilakukan untuk merasa bersemangat sepanjang hari. Memiliki bangun tidur yang sama setiap hari akan membentuk rutinitas dalam tubuh. Kurangi tidur atau bangun terlalu pagi karena akan membuat tubuh terasa lelah di sore hari.

2. Cek asupan gula

Batasi asupan gula dan lemak olahan selama makan siang untuk menghindari energi yang terkuras. Gula pasti dalam meningkatkan energi untuk sementara waktu namun akan membuat tubuh lelah lebih cepat. Konsumsi buah-buahan akan lebih baik di sore hari.

3. Makan makanan kaya zat besi

Zat besi akan meningkatkan produksi hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk energi. Karbohidrat bertanggung jawab untuk mengirimkan glukosa ke berbagai bagian tubuh. Berfungsi sebagai bahan bakar dan membantu tubuh berfungsi, sehingga kantuk bisa teratasi.

 

 

4. Jangan makan berlebihan

Saat makan dalam jumlah besar di siang hari, tubuh menggunakan banyak energi untuk mencerna. Sehingga membuat tubuh terasa lelah. Makanlan makan siang secukupnya dengan camilan di pagi dan sore hari.

5. Jalan-jalan

Jangan langsung bekerja sesudah makan siang. Berjalan-jalannya 10-15 menit untuk meningkatkan oksigen dalam tubuh dan energi.

6. Hidrasi

Minumlah air yang cukup setelah makan agar tubuh tetap terhidrasi. Kurang tidur juga bisa menjadi tanda dehidrasi. Sehingga cukupilah kebutuhan air sepanjang hari.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading