Sukses

Lifestyle

Susah Bangun Pagi? Lakukan 4 Cara Ini Agar Bebas dari Kesiangan

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang bangun pagi adalah hal yang sulit. Bahkan, hal seperti ini sering membuat kita kerap kesiangan saat mempunyai jadwal meeting di pagi hari. Nah, hal - hal seperti ini pasti pernah atau bahkan sering banget terjadi. Sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi pola tidur kita, salah satunya insomnia!

Kata insomnia udah tak asing lagi di telinga kita. Dikutip dari alodokter.com Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur. Karena tubuh sudah lelah beraktivitas hingga larut malam, rasanya berat sekali untuk bangun di pagi hari. Tapi, kamu nggak perlu khawatir, dirilis dari medium.com, lakukan 4 tips berikut dan kamu nggak akan kesiangan lagi deh!

1. Mengubah Jadwal Tidur Secara Bertahap

Buat kalian yang sering banget kesiangan karena menghabiskan waktu sampai larut malam untuk nongkrong bareng temen - temen, movie marathon, atau bahkan scrolling timeline instagram berjam - jam, Kalian bisa mencoba untuk mengubah jadwal tidur kalian secara bertahap. Contohnya, kalau kalian terbiasa streaming film di jam 12 malam, coba atur jadwal tidur di jam 10 malam, dan pastikan kamu melakukannya secara rutin. Kamu bisa mengubah jadwal streaming film di sore hari atau di waktu senggang lainnya.Tidur yang cukup juga meningkatkan semangat kamu untuk beraktivitas di pagi hari loh! 

4 Cara untuk mempermudah bangun pagi

2. Alasan yang disertai niat bisa jadi motivasi

Niat aja nggak cukup? Kurang! Mungkin, kamu butuh alasan yang kuat kenapa kamu harus bangun pagi. Misalnya saja, kamu harus menemui seorang klien jam 7 pagi. Kamu memasanag alarm jam 6 pagi, dan sudah membuat rencana di malam hari apa saja yang akan kamu lakukan di pagi hari agar kamu bisa on time menemui klien. Kamu yang biasanya tidak mendengar bunyi alarm, bisa langsung terbangun karena sebuah alasan yang mendorong kamu untuk bangun pagi. Jadi, apa alasan kamu untuk bangun pagi?

3. Jangan terlalu lama di tempat tidur

Seringkali saat bangun tidur kita tidak langsung beraktivitas. Walaupun sudah bangun, rasanya berat sekali untuk meninggalkan kasur. Kalau begitu, mungkin kamu harus membiasakan diri untuk meninggalkan kasur saat sudah bangun. Waktu yang kamu habiskan untuk berleye - leye di atas kasur bisa kamu manfaatkan untuk melakukan aktivitas lainnya, seperti mandi, sarapan, bahkan olahraga. Mulai sekarang jangan lagi malas gerak untuk meninggalkan kasur ya, Sahabat Fimela! 

 

 

4 Cara untuk mempermudah bangun pagi

4. Buatlah "to do list" untuk Aktivitasmu di Pagi Hari

Rencana jangan sekedar wacana ya! Lakukan hal - hal yang kamu suka untuk mengawali harimu, kamu bisa membuat rundown sendiri sebagai pengingat aktivitasmu. Misalnya, saat bangun pagi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menemui kucing kesayanganmu, memberinya makanan, jogging, sarapan, mandi, menyiapkan baju untuk pergi ke kantor, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan di pagi hari. Pastinya sangat menyenangkan bukan saat kamu bisa melakukan hal yang kamu suka di pagi hari.

Itu dia tips yang bisa kamu coba untuk menjadi seorang "Morning Person". Tidur yang cukup itu penting, tapi, kalau kesiangan aktivitas jadi pontang - panting! Siap bangun pagi?

 

(Teks: Iffah Nurahmah)

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Gampang Mengantuk? Bisa Jadi Penyebabnya karena Kebiasaanmu Ini
Artikel Selanjutnya
Tidur Siang Bisa Membuat Tubuh Lebih Bugar dengan 4 Tips Ini