Sukses

Lifestyle

5 Tips Cegah Lesu Setelah Semalaman Kurang Tidur

Fimela.com, Jakarta Begadang karena pekerjaan. Susah tidur nyenyak karena lagi banyak pikiran. Semalam susah tidur atau kurang mendapat jam tidur yang cukup, kondisi seperti ini bisa membuat kita merasa lesu seharian.

Jika kita masih harus beraktivitas seharian atau menjalani rutinitas yang tak bisa ditinggalkan, maka kita mau tak mau harus bisa menjaga tubuh tetap bugar. Supaya tubuh tidak lesu, ada sejumlah tips yang bisa dicoba.

1. Dapatkan Sinar Matahari Pagi

Buka tirai, dapatkan sinar matahari pagi. Dilansir dari shape.com, saat tubuh terpapar sinar matahari, maka tubuh akan berhenti memproduksi hormon melatonin yang memengaruhi rasa kantuk. Sehingga, tubuh akan mendapat sinyal untuk bergerak dan beraktivitas.

2. Mandi Air Dingin

Bukan berarti mandi dengan air es, tapi mandi dengan air dingin biasa. Setelah selesai keramas dan menggunakan sabun, bilas tubuh dengan air dingin. Jika menggunakan pancuran, tahan air terus mengaliri tubuh selama 30 detik. Metode ini bisa bantu melancarkan aliran darah dan membuat tubuh terstimulasi untuk bergerak.

 

 

3. Olahraga Pagi

Mungkin tak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Sekadar jalan kaki atau lari keliling kompleks selama beberapa menit bisa bantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat tubuh terasa lebih bersemangat untuk beraktivitas.

4. Minum Kopi

Ya, mengonsumsi kafein bisa membantumu untuk lebih terjaga. Tapi bukan berarti harus minum kopi banyak. Maksimal dua cangkir kopi dalam sehari sudahlah cukup. Selain itu, perbanyak minum air putih. Bisa tambahkan es batu pada air putih yang kamu minum untuk memberikan sensasi segar saat diminum.

5. Jalan Kaki pada Siang Hari

Rasa capek biasanya berada pada puncaknya pada pukul 1 siang hingga 3 sore. Manfaatkan waktu ini untuk berjalan kaki. Jika bisa, luangkan waktu jalan kaki beberapa menit di ruang terbuka dan dapatkan udara segar.

Mendengarkan musik favorit atau lagu-lagu yang penuh semangat bisa bantu menjaga mood tetap stabil. Pada malam harinya, dapatkan waktu tidur setidaknya 7-8 jam untuk mengembalikan ritme rutinitas tidurmu.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Sehat Mengatasi Tubuh yang Gampang Capek
Artikel Selanjutnya
Benarkah Pemanis Buatan Bisa Picu Kanker? Ini Faktanya