Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Fimela.com, Jakarta Rambut beruban tak hanya dimiliki oleh orang-orang yang lanjut usia. Yang masih muda pun bisa memiliki rambut beruban. Kira-kira kenapa ya rambut sudah beruban di usia muda?

Penyebab rambut beruban di usia muda bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor lingkungan hingga faktor keturunan. Selengkapnya, langsung saja kita simak infonya di sini.

1. Polusi

Lingkungan yang penuh racun bisa membuat rambut beruban lebih cepat. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, polutan yang ada di lingkungan menghasilkan radikal bebas yang merusak melanin dan mempercepat proses penuaan pada rambut. Bagi kita yang tinggal di lingkungan yang berpolusi, lalu mendapati rambut kita cepat beruban, bisa jadi penyebabnya adalah karena paparan polusi.

2. Stres

Stres bisa mempercepat rapatan genetika dan akibatnya bisa mengubah warna rambut. Semakin sering kita stres, maka semakin tinggi risiko rambut kita akan beruban. Bila tiba-tiba menemukan rambut putih atau mulai beruban, coba ingat lagi tingkat stres yang dirasakan belakangan ini.

3. Kebiasaan Merokok

Perokok pasif pun bisa terkena risiko memiliki rambut beruban lebih cepat. Paparan asap rokok dapat memengaruhi warna rambut. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, perokok memiliki risiko 2,5 lebih tinggi memiliki rambut yang cepat beruban.

 

 

 

4. Perubahan Hormon

Perubahan hormon juga bisa menjadi alasan rambut jadi beruban. Rambut bisa berkurang teksturnya, kerapatannya, dan warnanya seiring waktu berjalan karena adanya perubahan hormon. Proses ini umumnya mulai terjadi saat mencapai usia 30 tahun. Mulai pada usia tersebut, akan terlihat perbedaan yang cukup kentara pada warna rambut.

5. Kekurangan Nutrisi

Tidak mencukupi semua kebutuhan nutrisi penting bisa menyebabkan rambut beruban di usia muda. Misalnya, kekurangan vitamin B12 bisa membuat rambut kering, tipis, dan cepat beruban.

6. Masalah Medis

Sejumlah penyakit autoimun juga dapat membuat rambut beruban. Penyakit autoimun dapat menyerang sel-sel dalam tubuh dan menyebabkan rambut beruban di usia dini.

7. Faktor Genetik

Coba cek dan tanya ke orangtua kapan rambut mereka mulai beruban. Salah satu alasan rambut kita cepat beruban bisa jadi karena ada faktor genetik. Bila orangtua kita rambutnya sudah beruban sejak usia muda, maka ada kemungkinan rambut kita juga beruban di usia muda.

Penyebab rambut beruban di usia muda bisa disebabkan oleh sejumlah hal dan faktor. Bila kita mencemaskan kondisi kita, jangan ragu untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi ke dokter.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Debut Kate Middleton dengan Rambut Blonde
Artikel Selanjutnya
4 Makanan untuk Cegah Tumbuhnya Uban di Masa Tua