Sukses

Lifestyle

Tanpa Susu, Ini Tips Membuat Telur Orak-arik yang Lembut

Fimela.com, Jakarta Telur orak-arik sangatlah mudah dibuat dan tak butuh waktu lama untuk membuatnya. Tak heran jika telur orak-arik sangat cocok dijadikan menu sarapan. Membuatnya pun tidaklah susah. Tapi untuk membuat telur orak-arik yang lembut, ada tips yang perlu diperhatikan.

Biasanya kita menambahkan susu untuk membuat telur orak-arik yang lembut. Namun, jika sedang tidak punya stok susu di rumah, kita tetap bisa membuat telur orak-arik yang sempurna. Berikut tipsnya.

1. Gunakan Wajan Anti Lengket atau Teflon

Membuat telur orak-arik yang sempurna, kita perlu menggunakan wajan anti lengket atau teflon. Sebab telur bisa sangat mudah menempel dan lengket pada permukaan wajan yang biasa. Untuk itu, sangatlah penting menggunakan wajan anti lengket untuk membuat telur orak-arik yang sempurna.

2. Gunakan Minyak Zaitun atau Mentega

Dilansir dari bonappetit.com, sebenarnya kunci untuk membuat telur orak-arik yang sempurna adalah kualitas telurnya. Semakin baik kualitas telurnya, semakin baik pula hasil telur orak-arik yang kita buat. Tak harus menggunakan susu atau krim untuk membuat telur orak-arik yang lembut. Kita bisa pakai sedikit minyak zaitun atau mentega untuk memasak telur orak-arik.

 

 

3. Telur Dipecahkan di Mangkuk Terpisah

Bisa saja kita langsung memasukkan telur ke dalam wajan lalu membuat orak-arik. Tapi untuk hasil yang lebih lembut, telur sebaiknya dipecahkan di mangkuk terpish terlebih dahulu. Siapkan mangkuk, pecahkan telur lalu kocok bagian kuningnya sebentar sebelum dimasukkan ke dalam wajan.

4. Gunakan Spatula Silikon

Spatula silikon tahan panas adalah alat yang paling ideal untuk membuat telur orak-arik yang lembut. Selain mencegah wajan tergores, spatula silikon bisa memudahkan kita membuat telur orak-arik yang lembut dan tidak "robek".

5. Gunakan Api Kecil

Telur orak-arik sebaiknya dimasak dengan api kecil. Biasanya telur orak-arik yang sempurna butuh waktu satu menit untuk membuatnya. Bila api yang digunakan terlalu besar, nantinya telur akan kering dan tidak lembut.

Tips-tips di atas sangatlah mudah untuk dicoba. Semoga dengan tips di atas, kita bisa lebih mudah membuat telur orak-arik yang lembut tanpa menggunakan terlalu banyak bahan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Blanching, Cara Agar Sayur yang Ditumis Tidak Berubah Hitam
Artikel Selanjutnya
Tips Agar Roti Panggang Punya Tekstur Lembut Di Mulut