Sukses

Lifestyle

4 Alasan Pentingnya Perempuan Berdamai dengan Rasa Kesepian

Fimela.com, Jakarta Di tengah keramaian, kita merasa begitu kesepian. Di tengah kerumunan banyak orang, kita merasa seorang diri. Ketika rasa kesepian melanda, rasanya dunia terasa begitu kosong. Seakan hidup sudah tidak ada harapan lagi.

Walau kesepian sering dianggap sebagai kondisi yang negatif, kita tetap perlu berdamai dengan rasa kesepian itu. Sebagai perempuan, terkadang ada hal-hal hal dan situasi yang membuat kita merasa begitu sendiri dan sepi. Namun, untuk bisa menjalani hidup dengan lebih baik, agaknya kita tak perlu terlalu menolak hadirnya kesepian itu.

1. Perasaan Kesepian Bukanlah Kelemahan

Dilansir dari huffpost.com, dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Cognition and Emotion ditemukan bahwa kesepian sebenarnya memiliki fungsi adaptif yang dibutuhkan manusia. Dengan hadirnya perasaan kesepian, kita akan terdorong untuk menciptakan hubungan atau ikatan yang otentik dan penuh cinta. Tak perlu menganggap perasaan kesepian sebagai suatu kelemahan. Justru jadikan kondisi tersebut sebagai motivasi untuk lebih mengenal emosi dan diri kita.

2. Kesepian Hadir untuk Memperluas Ruang Emosi

Ingin menangis? Luapkan saja. Ingin melampiaskan pekatnya rasa kesepian dengan melakukan sesuatu yang selama ini tak sempat dilakukan? Lakukan saja. Terkadang dengan hadirnya perasaan kesepian, kita akan dipaksa untuk mengambil jeda sejenak dalam hidup. Kita perlu beristirahat dan memperluas ruang emosi dalam diri supaya bisa berpikir lebih jernih.

 

 

3. Potensi Baru Bisa Muncul dari Rasa Kesepian

Pernah melampiaskan perasaan kesepian dengan membuat karya? Perasaan sedih dan sepi yang dirasakan karena kesepian bisa memicu kita untuk melakukan sesuatu. Dari sini bisa muncul potensi baru. Kita terdorong untuk mencoba hal baru demi mengatasi rasa kesepian tersebut. Berdamai dengan kesepian dapat memotivasi kita memunculkan potens yang baru.

4. Kesepian Melatih Kita untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Merasa kesepian karena baru putus dari kekasih? Merasa kesepian karena baru mengalami kegagalan? Merasa kesepian karena orang terdekat kita ternyata mengkhianati kita? Saat tak ada orang yang bisa kita jadikan sandaran, kita perlu mengandalkan diri kita sendiri. Seorang perempuan bahkan bisa memiliki mental yang lebih kuat saat sudah berhasil berdamai dengan rasa kesepian yang ada.

Izinkan dirimu untuk bersedih, tapi secukupnya saja. Untuk bisa mensyukuri keberadaan cahaya, kita memang perlu tahu rasanya berada di kegelapan sebentar saja.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cintai Dirimu Sendiri, maka Semesta akan Tersenyum Padamu
Artikel Selanjutnya
4 Kelebihan Perempuan yang Terbiasa Belanja Pakai Uang Sendiri