Sukses

Lifestyle

Hal Pertama yang Perlu Dilakukan saat Mulai Tak Enak Badan

Fimela.com, Jakarta Cuaca yang tak menentu, kesibukan yang padat, hingga banyaknya orang terdekat yang sakit seperti flu membuat kita rentan jatuh sakit. Faktor cuaca, stres, dan karena tertular orang lain membuat kita bisa mendadak merasa tak enak badan. Saat mulai merasa tak enak badan, hal pertama yang kita lakukan bisa memberi pengaruh yang cukup besar.

Saat kita merasa tak enak badan dan agak menggigil seperti akan demam, tak perlu buru-buru minum obat. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, jika ingin sistem imun kita melawan infeksi virus dengan cara yang lebih efisien, maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menuju tempat tidur dan segera istirahat. Ada penelitian menarik terkait hal tersebut.

 

 

Istirahat dan Tidur

Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan di The Journal of Experimental Medicine mengobservasi sepuluh orang. Separu dari mereka tetap terjaga semalaman sedangkan sisanya tidur dengan normal. Dua minggu kemudian, keduanya berganti peran. Kemudian, para peneliti mengambil sampel darah dari masing-masing grup dan mengukur sel-sel T sistem imun mereka.

Hasilnya adalah aktivitas tidur bisa membantu sel-sel T yang bertugas melawan infeksi untuk melakukan tugasnya dengan lebih baik. Partisipan yang terjaga semalaman, kemampuan sel-sel T mereka terhambat. Sedangkan partisipan yang tidur memiliki sel-sel T yang aktif.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidur memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi respons sel-sel T. Jadi, begitu kita merasa pusing atau tak enak badan, lekas ambil waktu untuk istirahat penuh dan tidur. Dengan cara ini, diharapkan kondisi akan segera membaik.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Minuman Sehat yang Bisa Membakar Semangatmu di Pagi Hari
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Seksi Olahraga Pilates bagi Perempuan