Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Ketan Bersaus yang Cocok untuk Mango Sticky Rice

Fimela.com, Jakarta Buah mangga yang manis makin sempurna dinikmati dengan ketan dan saus yang pas. Pastinya sudah tidak asing lagi dengan kudapan mango sticky rice yang legit, kan? Membuat ketan bersaus yang enak pun ada caranya sendiri.

Pemilihan beras ketan dan bahan-bahan lainya perlu diperhatikan dengan baik. Selengkapnya, langsung saja simak langkah-langkahnya di sini supaya bisa langsung mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Beras Ketan Direndam Terlebih Dahulu

Beras ketan yang akan kita gunakan perlu direndam terlebih dahulu. Bisa direndam selama tiga jam. Yang paling direkomendasikan adalah merendam beras ketan semalaman agar hasilnya lebih tanak saat dimasak.

Beras Ketan Ditanak dengan Santan dan Sejumput Garam

Untuk 200 gram beras ketan, kita bisa menggunakan 200 ml santan kelapa. Tambahkan sejumput garam atau 1/2 sdt garam untuk memberi rasa sedikti gurih. Agar aromanya lebih wangi, kita bisa memasukkan 1 lembar daun pandan yang dirobek dan disimpul. Cara menanak beras ketan bisa sama dengan cara menanak nasi biasa. Setelah matang, nasi beras ketan bisa kita bentuk dengan bantuan mangkuk.

 

 

Bahan Saus Menggunakan Santan dan Tepung Maizena

Untuk menghasilkan tesktur saus yang kental, kita bisa menambah sedikit larutan tepung maizena. Untuk 150 ml santan kelapa, kita bisa menambahkan 2 sdt tepung maizena yang dilarutkan dengan 3 sdm air. Masak dengan 2 sdt gula pasir, 1 sdt garam, dan 1 lembar daun pandan yang disimpul. Dengan api kecil, masak semua bahan saus sampai mengental. Setelah matang, saus bisa disirimkan di atas ketan.

Taburi dengan Biji Wijen Sangrai

Makin sempurna bila kita menambahkan biji wijen sangrai di atas saus. Selain mempercantik penampilan, biji wijen ini bisa menambah sedikit rasa gurih yang enak pada mango sticky rice.

Tertarik untuk langsung membuat sendiri? Selamat mencoba, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Blanching, Cara Agar Sayur yang Ditumis Tidak Berubah Hitam
Artikel Selanjutnya
Tips Agar Roti Panggang Punya Tekstur Lembut Di Mulut