Sukses

Lifestyle

Sering Lapar Selama Menstruasi, Begini Caranya Agar Tidak Ngemil Sembarangan

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan pasti menjadi lebih banyak makan atau mudah lapar selama menstruasi meski sudah makan. Kamu tak sendiri jika sering mengalaminya. Kondisi tubuh ini bahkan sangat wajar terjadi.

Salah satu penyebab utama perubahan nafsu makan yang besar sebelum dan selama menstruasi adalah ketidakseimbangan kadar gula darah. Banyak perempuan mengalami kadar gula darah tak stabil dan inilah salah satu penyebab perut memberikan respon 'lapar' yang salah.

Ada dua kondisi ketidakseimbangan kadar gula darah yang bisa dibedakan, yaitu hipoglikemia dan hiperglikemia, seperti dijelaskan dalam Mind and Body Green. Ketika haid, kita akan cenderung mengalami hipoglikemia, di mana kadar gula darah turun.

Kadar Gula Darah Turun Bikin Lapar

Hipoglikemia akan membuatmu mudah marah, tersinggung, kesal tanpa sebab, mual, berkeringat hingga panik. Kondisi ini juga yang menjadi alasan kita sangat ingin makan makanan manis, dan ingin makan makanan mengandung karbohidrat tinggi, apapun itu.

Untuk mengatasinya, lebih banyaklah makan makanan berserat dan protein. Kedua nutrisi ini membuat perut kenyang lebih lama dan membutuhkan proses lama untuk dicerna. Makanan seperti buah-buahan, sayuran, nasi merah, gandum, tahu, tempe, telur, dan daging-dagingan sangat baik dikonsumsi selama menstruasi.

Hindari makanan dan minuman manis apa pun seperti kue, roti, soda, minuman kemasa apa pun, permen dan lainnya. Rasa manis alami cukup dari buah-buahan dan sayuran. Kurangi juga makanan berminyak karena mudah membuat kulit berjerawat selama haid.

Jadi, kini tahu kan apan yang harus dimakan ketika merasa gampang lapar selama menstruasi?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Hormon Tidak Seimbang Selama Haid, Konsumsi 3 Nutrisi Ini
Artikel Selanjutnya
5 Cara Alami untuk Bantu Dapatkan Siklus Haid Teratur