Sukses

Lifestyle

5 Bumbu Dapur Ini Bisa Jadi Pengganti Garam Saat Memasak

Fimela.com, Jakarta Garam merupakan salah satu bumbu makanan yang paling esensial atau dibutuhkan. Namun kebanyakan konsumsi garam juga tak baik untuk kesehatan. Beberapa orang harus mengurangi makan makanan asin atau yang mengandung garam dan harus menggantinya dengan bumbu dapur lainnya. Untuk mengganti garam, ada beberapa alternatif penggantinya, seperti sekian bumbu dapur berikut ini.

1. Kecap asin

Seperti namanya, kecap asin sudah memiliki kandungan garam sebagai pengawet cairan ini. Terbuat dari kedelai hitam, kecap asin sangat baik menggantikan garam untuk berbagai olahan tumisan, sup atau berbagai olahan menu oriental. Tanpa menggunakan garam pun, makanan sudah sedap. 

2. Saus tiram

Saus tiram juga memiliki kandungan garam. Selain sebagai penyedap rasa, saus olahan seafood ini sangat cocok menggantikan peran garam. Gunakan secukupnya untuk olahan tumis atau sup.

3. Kecap Inggris

4. Kecap ikan

Sepeti halnya kecap asin dan saus tiram, kecap ikan lebih sering digunakan untuk berbagai masakan tumisan oriental. Kecap ikan bisa digunakan untuk makanan apapun yang berbahan seafood atau ikan laut. Selain pengganti garam juga berfungsi sebagai penyedap rasa. 

5. Kaldu bubuk

Kaldu bubuk bisa digunakan secara umum untuk berbagai masakan, mulai dari goreng, tumis, kukus, sup, bakar atau panggang. Kaldu bubuk berfungsi secara khusus sebagai penyedap masakan namun juga bisa menggantikan peran garam.

Nah, itu dia lima bumbu dapur yang paling tepat menggantikan garam, beberapa bumbu lain dengan rasa asin seperti terasi, petis dan tauco juga bisa digunakan namun penggunaannya cukup terbatas. 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Atasi Ketombe dengan Scrub Kulit Kepala Buatanmu Sendiri
Artikel Selanjutnya
10 Bumbu Masakan yang Bermanfaat Mengurangi Bau Amis Ikan