Sukses

Lifestyle

Atasi Online Bullying, Catatan Netizen Ajak Masyarakat Kendalikan Pengalaman di Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Online bullying atau perundungan online biasanya memang terjadi pada para remaja. Namun, orang dewasa juga banyak yang mengalami perundungan di media sosial. Meski tidak ada bekas lebam pada tubuh, dampak perundungan online tetap bisa menyakitkan. 

Selain melukai perasaan, perundungan online yang terjadi terus menerus juga dapat mengganggu keseimbangan emosi hingga berujung stres, depresi, dan dampak lainnya yang jauh lebih parah. 

Sebenarnya, para pengguna media sosial dapat mengontrol pengalamannya pada saat menggunakan media sosial. Sehingga, perundungan di media sosial dapat dicegah atau diatasi tanpa harus menunggu ada dampak yang lebih menyakitkan dan mendalam. 

Dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara mengendalikan pengalaman di ranah online, Facebook meluncurkan episode pertama dari Catatan Netizen di laman Facebook Indonesia. Live series yang ditayangkan secara langsung di minggu pertama setiap bulannya ini akan dipandu kreator ternama Indonesia, Edho Zell. 

 

Diskusi Soal Online Bullying dan Berbagai Cerita

Episode pertama Curhatan Netizen yang tayang perdana pada Jumat (11/10) sore hari membahas soal perundungan online. Tema ini diambil karena bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Dunia. 

Menurut Kepala Kemitraan Konten Hiburan untuk Facebook di Indonesia, Revie Sylviana, Curhatan Netizen ini diluncurkan untuk membantu masyarakat Indonesia untuk mempelajari produk, fitur, dan layanan Facebook. 

"Ini mengapa kami meluncurkan live series Curhatan Netizen untuk membantu masyarakat Indonesia mempelajari produk, fitur, dan layanan kami, sehingga mereka memahami bahwa mereka memiliki kendali penuh dan bisa memaksimalkan pengalaman mereka di Facebook," jelasnya. 

Sementara itu, Edho Zell melihat ada begitu banyak isu di ranah online, seperti online bullying, penipuan online, dan lainnya, namun pengguna tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. 

"Banyak dari kita ingin tetap aman di ranah online dan melindungi informasi pribadi kita, tetapi kita bukan ahli teknologi. Kami melihat beberapa isu yang diangkat oleh masyarakat dari kondisi ini, seperti online bullying, penipuan online, dan banyak lagi, namun kita sering tidak tahu apa yang harus dilakukan. Maka dari itu, saya senang bisa memandu Facebook Live series Curhatan Netizen karena saya bisa belajar dan berbagi tentang produk, fitur, dan layanan yang tersedia di Facebook yang relevan dan dapat membantu kita untuk memegang kendali penuh atas pengalaman kita di ranah media sosial," jelas Edho. 

Simak Video Berikut

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Facebook Cafe Jakarta Dibuka dengan Layanan Khusus Proteksi Privasi
Artikel Selanjutnya
Facebook Cafe Blok M Sediakan Layanan untuk Tingkatkan Privasi Akun