Sukses

Lifestyle

Kegagalan Membuat Kita Tak Baik-Baik Saja, tapi Hidup Masih Layak Diperjuangkan

Fimela.com, Jakarta Rasanya tak ada manusia di dunia ini yang tak pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Seseorang yang saat ini sukses pun dulunya pasti pernah mengalami berbagai macam kegagalan. Kegagalan demi kegagalan memang tak mudah untuk dihadapi, tapi bukan berarti hidup akan selamanya dirundung kesedihan.

Untuk bisa tumbuh, kita perlu gagal. Dilansir dari 6 Challenges in Life You Must Overcome to Become a Better Person via lifehack.org, kegagalan memberi kita kesempatan untuk mengevaluasi pilihan-pilihan kita sehingga kita bisa terdorong untuk membuat perbaikan. Saat kita gagal, kita mendapat peluang untuk meninjau ulang keputusan dan tindakan kita. Memahami bahwa suatu keputusan bisa mengarah pada konsekuensi atau risiko tertentu, kita akan belajar lebih baik lagi agar ke depannya tidak membuat kesalahan yang sama.

 

 

There is only one thing that makes a dream impossible to achieve: the fear of failure. ― Paulo Coelho, The Alchemist

Kadang kita merasa seperti putus asa dan hilang arah saat menghadapi kegagalan. Rasanya semesta tak pernah memihak kita lagi. Namun, waktu terus berjalan dan hidup masih akan berlangsung ke depan. Pilihan-pilihan dalam hidup masih akan menyertai setiap aspek hidup kita. Memang tak mudah, tapi kita bisa mencoba.

You must make a decision that you are going to move on. It wont happen automatically. You will have to rise up and say, ‘I don’t care how hard this is, I don’t care how disappointed I am, I’m not going to let this get the best of me. I’m moving on with my life. ― Joel Osteen, Your Best Life Now: 7 Steps to Living at Your Full Potential

Kita masih bisa menciptakan harapan baru. Terlepas dari betapa berat dan susahnya untuk bangkit dari kegagalan, kita masih bisa mencoba untuk melanjutkan hidup. Tak ada salahnya untuk meminta bantuan. Tak perlu ragu untuk mencari pertolongan. Mungkin monster dalam dirimu membuatmu sulit untuk menemukan cahaya baru. Namun, dirimulah yang punya kendali penuh untuk membuat pilihan baru dalam hidup.

Kegagalan dalam hidup membuat kita tak baik-baik saja, tapi harapan baru akan selalu ada. Semoga semua kesedihan, keletihan, dan duka yang kamu rasakan saat ini bisa segera luruh perlahan. Semoga ada cahaya baru yang hadir dalam hidupmu untuk membantumu menemukan harapan baru untuk melanjutkan hidup.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Marah pada Takdir, sebab Tiap Orang Punya Jalan Hidup Masing-Masing
Artikel Selanjutnya
Hidup Hanya Sekali, Jangan Buang Waktumu untuk Orang yang Beracun